UM Surabaya

Dalil adanya iradah syar’iyyah adalah firman Allah,

“Dan Allah hendak menerima taubatmu, sedang orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya bermaksud supaya kamu berpaling sejauh- jauhnya (dari kebenaran).” (QS. An-Nisaa’: 27)

Perbedaan iradah kauniyyah dan iradah syar’iyyah, yaitu:

1. Iradah kauniyyah bisa jadi Allah cintai dan tidak Allah cintai, sedangkan iradah syar’iyyah pasti Allah cintai.

2. Iradah kauniyyah itu ada karena maksud lain. Seperti iblis dan setan diciptakan untuk menggoda manusia.

Ketika tersesat, maka ada yang dapat petunjuk sehingga bertobat dan banyak beristighfar kepada Allah.

Sedangkan iradah syar’iyyah itu ada karena maksud Zatnya. Allah menginginkannya ada karena Allah mencintainya dan meridainya.

3. Iradah kauniyyah pasti terjadi, sedangkan iradah syar’iyyah belum tentu terjadi.

4. Iradah kauniyyah berkaitan dengan sifat rububiyah dan penciptaan, sedangkan iradah syar’iyyah berkaitan dengan sifat uluhiyah dan syariat Allah.

Contoh penerapan:

1. Seseorang yang akhirnya taat atau masuk Islam terkumpul padanya iradah kauniyyah dan iradah syar’iyyah, seperti Umar bin Al-Khaththab itu masuk Islam.

Terkumpul pada Umar bin Al-Khaththab dua iradah sekaligus. Sesuai kenyataan Umar masuk Islam dan Allah rida dengan keislamannya.

2. Seseorang yang akhirnya terus kafir terkumpul padanya iradah kauniyyah saja, seperti kafirnya Fir’aun. Pada kenyataan Fir’aun itu kafir, maka ada padanya iradah kauniyyah.

Namun kekafirannya tidak dicintai oleh Allah. Berarti ada pada Fir’aun ada iradah kauniyyah dan tidak ada iradah syar’iyyah.

3. Orang kafir yang diharapkan Islamnya seperti diharapkan Islamnya Abu Lahab. Andai Abu Lahab itu masuk Islam, tentu akan disukai oleh Allah.

Namun kenyataannya tidak terjadi. Berarti iradah syar’iyyah ada pada Abu Lahab namun sekadar harapan, dan itu tidak terjadi sehingga tidak ada iradah kauniyyah.

Insya Allah, Allah memudahkan kita memahami takdir dengan benar. Ya Allah, berilah pertolongan dan kemudahan.

Insya Allah bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini