UM Surabaya

Hingga PRM Moropelang kini memiliki beberapa amal usaha Muhammadiyah (AUM) seperti Masjid Ihya’ussunnah, Madrasah Ibtidaiyah, TPQ/Madin Ihya’ussunnah, warkop, bengkel cuci mobil, kandang sapi, Hotel Telaga Biru, dan aset tanah lapangan.

Yang juga istimewa, warga Muhammadiyah Moropelang dikenal kompak, gemar belajar (ngaji), semangatnya tinggi, gigih, dan dermawan. Juga kuat memegang ideologi Muhammadiyah dari praktik tahayul, bid’ah, dan churufat (TBC). Mereka dikenal fanatik ‘tus’ ber-Muhammadiyah.

Modal sosial seperti itu, ditambah spiritualitas dan kerja keras, menjadikan PRM Moropelang sebagai salah satu ranting terbaik di tingkat Kecamatan Babat dan Kabupaten Lamongan.

Prestasi PRM Moropelang itu, tentu saja, tidak dapat dilepaskan dari keikhlasan, perjuangan, dan doa Kiai Huda.

Dia adalah salah satu dari ribuan sosok kiai kampung Muhammadiyah se-Indonesia yang gigih menjaga ruh ideologi dan keberlangsungan tubuh organisasi Muhammadiyah dengan basis ranting.

Kiai Kampung Muhammadiyah

Kiai Huda adalah salah satu potret kiai kampung Muhammadiyah. Memang, panggilan ‘gus’ atau ‘kiai; dalam tradisi Muhammadiyah perkotaan jarang dipakai. Yang lebih sering digunakan adalah sebutan ustaz atau ustazah’ bagi para guru ngaji.

Namun dalam tradisi Muhammadiyah pedesaan guru ngaji sering dipanggil dengan sebutan gus atau kiai. Sapaan itu dianggap lebih membumi oleh masyarakat pedesaan.

Dalam studi sosiologi agama yang dilakukan oleh Zamaksyhari Dhofier (Tradisi Pesantren, 1994), istilah kiai memiliki tiga makna. Pertama, kiai dalam arti orangtua atau yang dituakan. Biasa disebut ‘Yai’.

Kedua, kiai dalam pengertian nama pusaka atau sesuatu yang dianggap memiliki kekuatan mistik. Seperti nama sapi bule ‘Kiai Selamet’ di Keraton Kasuhunan Surakarta, atau keris “Kiai Kolomunyeng” dan “Kiai Pleret”.

Ketiga, kiai dalam arti orang yang memiliki kemampuan menguasai ilmu agama atau ilmu kanuragan atau ilmu tasawuf.

Dalam tulisan ini istilah kiai didefinisikan sebagai makna yang ketiga, yaitu orang yang memiliki dan menguasai ilmu agama Islam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini