Khotbah Iduladha 2024: Meneguhkan Spirit Al-Kautsar untuk Persatuan dan Kekuatan Umat
foto: nikku/xinhua)

*) Oleh : Immawan Wahyudi,
Dosen Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانَا إِلَـى اْلإِيْمَانِ وَ اْلإِسْلاَمِ، وَ أَمَرَناَ بِشَرِيْعَةِ نُسُكِ الْحَجِّ إِلَـى الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ذُو الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ الْهَـادِي إِلَى الصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَي النَّبِيِّ الْكَرِيْمِ – مُحَمَّدٍ – وَ عَلَي آلِهِ وَ صَحْبِهِ الْمُتَمَسِّكِيْنَ بِالدِّيْنِ الْقَوِيْـمِ. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ وَ الْمُسْلِمَاتُ رَحِمَكُمُ اللهِ، أُوْصِي بِنَفْسِي وَ إِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ حَقَّ تُقَاتِهِ لِتَـفُوْزُوْا بِالْجَنَّةِ النَّـعِيْمِ، وَ السَّلاَمَةِ مِنَ الْعَذَابِ اْلأَلِيْـمِ. قَالَ اللهُ تَعَالَي فِي كِتَابِهِ اْلكَرِيْمِ: (إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (*) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَ انْحَرْ (*) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ اْلأَبْتَرُ). اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ. اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَ الْحَمْدُ لـِلَّهِ كَثِيْرًا وَ سُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَ أَصِيْلاً. لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ، وَ نَصَرَ عَبْدَهُ، وَأَعَزَّ جُنْدَهُ، وَ هَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ. لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَ لَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ. لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ.

Jamaah Salat Iduladha Rahimakumullah

Marilah kita syukuri dengan sepenuh kesyukuran karena di pagi hari yang mulia ini kita dapat bersama-sama menunaikan ibadah salat ‘iedu al Adha. Semoga dijadikan oleh Allah ibadah ini sebagai bagian penting dalam ikhtiar kita mewujudkan ketakwaan kepada Allah dan sebagai  ibadah untuk menegaskan ittiba’ kepada Rasulullah Saw.

Selawat serta salam kita panjatkan kepada Nabi Agung Muhammad saw, kepada keluarganya, sahabatnya dan umat manusia yang telah dibimbing dan dibelanya.  Di tengah kumandang takbir, tahmid, dan tasbih mari kita resapi spirit yang telah difirmankan oleh Allah SWT dalam surat al-Kautsar;

ࣖاِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ, فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ ,اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.” (QS Al-Kautsar (108): 1-3).

Allahu Akbar – Allahu Akbar Walillaahi al-Hamd

Jamaah Salat Iduladha Rahimakumullah

Ibadah kurban adalah ibadah yang sangat menekankan kepada penghambaan kepada Allah, ittiba’ kepada suri tauladan Nabiyullah Ibrahim as dan Rasulullah saw, adalah juga ibadah yang sarat dengan pesan ketauhidan dan kemanusiaan.

Ibadah kurban juga menjadi ukuran bagi kaum Muslimin untuk menilai diri kita sendiri apakah telah dapat menjadi umat yang tulus ikhlas mengabdi kepada Allah SWT.

Meskipun dalam kita mewujudkan hewan kurban terasa berat bahkan mungkin ada yang merasa sangat berat karena kondisi ekonomi di antara kita berbeda-beda, namun hendaklah kita menyadari sepenuhnya bahwa hakikatnya yang akan dinilai oleh Allah adalah ketakwaan kita dan meresapi kisah suri teladan yang telah diamalkan oleh Nabiyullah Ibrahim as dan Nabiyullah  Ismail as, serta Siti Hajar. Dalam kaitan ini Allah SWT telah berfirman:

لَنْ يَّنَالَ اللّٰهَ لُحُوْمُهَا وَلَا دِمَاۤؤُهَا وَلٰكِنْ يَّنَالُهُ التَّقْوٰى مِنْكُمْۗ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ

“Daging (hewan qurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas perunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-Hajj (22): 37) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini