UM Surabaya

Hadis tersebut menunjukkan keutamaan orang berilmu dibanding ahli ibadah. Seandainya Juraij seorang alim (yang berilmu), maka tentu ia akan lebih memilih untuk menjawab panggilan ibunya dibanding melanjutkan salat.

Seorang anak harus berhati-hati dengan kemarahan orang tuanya. Karena jika ia sampai membuat orang tua marah dan orang tua mendoakan jelek, maka itu adalah doa yang mudah diijabahi.

Lihat kisah Juraij di atas, ia tahu akan hal itu, sehingga membuatnya tersenyum. Dan pesan kepada orang tua harus lebih berhati hati lagi jangan sampai mudah mengeluarkan kata atau doa yang jelek kepada keturunannya.

Bukti doa jelek dari ibu terkabul karena Juraij akhirnya dipertontonkan di hadapan wanita pelacur sebagaimana doa ibunya.

Juraij menunjukkan sikap yang benar ketika menghadapi masalah, yaitu harus yakin akan pertolongan Allah, apalagi dia tidak melakukan dan tidak merasa bersalah.

Zuhudnya Juraij bisa menjadi inspirasi karena hanya meminta tempat ibadahnya dibangun seperti sedia kala. Ia tidak minta diganti dengan emas atau perak.

Ketika musibah menimpa, barulah orang ingat akan dosa, ada juga yang mengingat akan do’a jelek yang menimpa dirinya seperti dalam kisah Juraij ini.

Bakti pada orang tua adalah wajib, termasuk di antaranya adalah memenuhi panggilannya. Sedangkan salat sunah hukumnya sunah, artinya berada di bawah bakti pada orangtua.

Doa ibu Juraij tidak berlebihan yaitu tidak sampai mendoakan Juraij terjerumus dalam perbuatan keji (zina).

Ia hanya mendoakan agar Juraij dipertontonkan di hadapan para pelacur, tidak lebih dari itu. Sehingga hanya sebatas peringatan saja dan juga agar menjadi ibrah bagi generasi berikutnya.

Tawakal dan keyakinan yang tinggi pada Allah akan membuat seseorang keluar dari musibah.

Jika ada dua perkara yang sama-sama penting bertabrakan, maka dahulukan perkara yang paling penting.

Seperti ketika bertabrakan antara memenuhi panggilan ibu ataukah salat sunah, maka jawabnya, memenuhi panggilan ibu lebih diutamakan, apalagi bila sekadar HP-an. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini