Sembilan Rahasia Salat Subuh
foto: dan Kitwood/getty images
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Allah telah menyediakan bagi mereka yang menjaga ketaatan kepadanya dengan jaminan surga.

Di antara amalan yang mudah dan mampu dilakukan setiap muslim untuk meraih kemuliaan itu dengan menjaga (istikamah) salat subuh.

Mengapa salat subuh lebih diistimewakan oleh Allah dari salat-salat yang lainnya?
Inilah rahasianya!

1. Jadi Tameng dari Neraka

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat subuh) dan salat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

2. Jaminan Masuk Surga

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari, 574- Muslim, 635) 

3. Mendapat Pahala Seperti Salat Semalaman

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang salat isya berjamaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang salat subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.” (HR. Muslim. 656) 

4. Mendapat Jaminan Keselamatan

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang salat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam.” (HR. Muslim, 163) 

5. Bercahaya di Hari Kiamat

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa menuju masjid pada waktu pagi hari atau sore hari maka Allah akan memberikan jamuan hidangan baginya di surga pada setiap pagi dan sore.” (HR. Al-Bukhari, 148 dan Muslim, 669)
 
6. Qabliyah Salat Subuh Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Hal ini berdasarkan keutamaan salat sunah rowatib yang mengiringi salat subuh adalah lebih baik dari dunia dan seisinya, apalagi salat subuh yang fardu, maka lebih utama lagi darinya.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Dua rakaat shalat subuh itu lebih baik dari dunia beserta isinya.” (HR Muslim – Ahmad)

7. Disaksikan Para Malaikat

Allah berfirman: “Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra’ : 78) 

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhary, 137; Muslim, 632)   
 
8. Tolok Ukur Keimanan

Untuk mengukur kadar keimanan seseorang tidak perlu sulit-sulit, cukup mengukurnya dengan salat subuh untuk mengetahui apakah dirinya termasuk jujur dalam beriman ataukah berdusta, apakah ia beriman di atas keikhlasan ataukah riya.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Salat terberat bagi orang-orang munafik adalah salat isya dan subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua salat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.” (HR. Ahmad, disahihkan Al-Albany dalam Al-Irwa’ 2/246) 

9. Mendatangkan Kenikmatan Melihat Wajah Allah

Salat subuh akan mendatangkan nikmat berupa bisa melihat wajah Allah yang mulia.

Dari Jarir bin Abdullah berkata: “Kami pernah duduk duduk di samping Rasulullah. Tatkala beliau melihat rembulan pada malam purnama, lalu beliau bersabda, ”Kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat rembulan ini. Yaitu kalian tidak berdesak-desakan melihatnya.”

Insya Allah bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini