Al-Qur'an Pedoman dalam Kehidupan
foto: getty images

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Al-Qur’an adalah Kalam Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah pedoman dalam kehidupan kita sebagai hamba-Nya.

Dalam Al-Qur’an sabda Allah terinci detail tentang ketakwaan, keimanan, perihal yang diperbolehkan dan larangan-Nya. Semisal, iman yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari di antaranya:

Menjaga Perkataan

“Tidak ada sembarang perkataan yang dilafazkannya (atau perbuatan yang dilakukannya) melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang sentiasa sedia (menerima dan menulisnya)”. (QS. Qaf : 18)

Berhubungan Baik dengan Tetangga

“Dan hendaklah kamu beribadat kepada Allah dan janganlah kamu sekutukan Dia dengan sesuatu apa juga; dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua ibu bapak, dan kaum kerabat, dan anak anak yatim, dan orang orang miskin, dan tetangga yang dekat, dan tetangga yang jauh, dan rekan sejawat, dan orang musafir yang terlantar, dan juga hamba yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang orang yang sombong takabur dan membangga banggakan diri”. (QS. An-Nisa’ : 36)

Bersikap Mulia terhadap Tamu

“Sudahkah sampai kepadamu (wahai Muhammad) perihal tetamu Nabi Ibrahim yang dimuliakan?Ketika mereka masuk mendapatkannya lalu memberi salam dengan berkata : “Salam sejahtera kepadamu!” Ia menjawab: Salam sejahtera kepada kamu! ……” (QS. Adz-Dzariyat : 24-25-26-27)

Al-Qur’an diturunkan melalui malaikat Jibril yang dihimpun dalam mushaf merupakan mukjizat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

Fungsi Al-Qur’an

Petunjuk bagi Manusia

Al Quran sebagai rahmat dan petunjuk bagi manusia yang beriman dan bertakwa.

“Sungguh, Kami telah mendatangkan kitab (Al Quran) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang- orang yang beriman”. (QS. Al A’raf : 52)

Sumber Pokok Ajaran Islam

Al-Qur’an menjadi syariat dan dalil-dalil syar’i yang mencakup seluruh aspek hukum bagi manusia dalam menjalani hidup di dunia dan akhirat.

“Sungguh, Kami telah menurunkan Kitab (Al Quran) kepadamu (Muhammad) membawa kebenaran, agar engkau mengadili antara manusia dengan apa yang telah diajarkan Allah kepadamu, dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak salah), karena (membela) orang yang berkhianat”. (QS. An Nisa : 105 )

Jelas sekali dalam firman-firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al-Qur’an menunjukkan tentang tata cara hidup yang baik dan benar sesuai yang dikehendaki-Nya.

Insya Allah bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini