Membangun Hubungan yang Kokoh dengan Allah
foto: pinterest

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Don’t give up when your prayers have not been answered, if you are able to be patient, Allah is able to give you more than what you ask for”

(Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab, jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta)

Membangun hubungan yang kokoh dengan Allah adalah salah satu cara untuk menghadapi ujian dan cobaan di dunia.

Allah adalah satu-satunya yang mampu membantu kita dalam menghadapi segala hal, dan memiliki hubungan yang dekat dengan-Nya akan memberikan kekuatan dan ketenangan dalam menghadapi setiap ujian. Sebagaimana dalam Firman-Nya:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (Qs. Al Baqarah: 45)

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Nabi Muhammad Saw bersabda:

سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي بِهِنَّ وَلَوْ اسْتَزَدْتُهُ لَزَادَنِي

“Saya bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Amalan apakah yang paling dicintai Allah? Beliau bersabda: “Salat tepat pada waktunya.” Dia bertanya lagi; “Kemudian apa?” beliau menjawab: “Berbakti kepada kedua orang tua.” Dia bertanya; “Kemudian apa lagi?” beliau menjawab: “Berjuang di jalan Allah.” Abu ‘Amru berkata, “Dia (Abdullah) telah menceritakan kepadaku semuanya, sekiranya aku menambahkan niscaya dia pun akan menambahkan (amalan) tersebut kepadaku.” (HR Bukhari No. 5513)

Dari kedua dalil di atas, dapat disimpulkan bahwa salah satu cara untuk membangun hubungan yang kokoh dengan Allah adalah dengan melakukan salat tepat waktu dan berbuat baik kepada orangtua.

Selain itu, juga sangat penting untuk terus berjuang di jalan Allah.

Jika kita selalu mengikuti ajaran agama dan mengembangkan hubungan yang dekat dengan Allah, maka kita akan selalu merasa aman dan tenang dalam menghadapi segala ujian dan cobaan yang ada di dunia ini.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini