Ada yang kaya, ada yang miskin dan ada yang berkecukupan. Harta, terkadang bermanfaat bagi hamba, terkadang harta bisa menyeretnya ke lembah nista yang berujung derita.

Sementara perbuatan Allah tidak pernah kosong dari hikmah dan maslahat serta pasti bersih dari dari kezaliman dan kesalahan.

Seluruh alam semesta ini milik Allah dan semua keputusan pengaturan alam semesta terserah pada Allah, justru ini menunjukkan Ketuhanan-Nya yang haq.

Allah Ta’ala berfirman: “Dan Allah melebihkan sebagian kalian dari sebagian yang lain dalam hal rezeki.” (QS. An-Nahl: 71)

“Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia pula yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-‘Ankabuut: 62)

Ulama ahli Tafsir, Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan: “Maka di antara makhluk ada yang kaya dan ada pula yang miskin. Dan Allah Maha Mengetahui tentang apa yang cocok bagi masing-masing di antara mereka dan Maha Mengetahui siapa saja yang cocok berstatus kaya dan siapa saja yang cocok berstatus miskin.

Karena itu mari kita kita semua selalu ingat bahwa si miskin dan si kaya, keduanya sama saja di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala, asal sama-sama bertakwa. Semakin bertakwa seseorang, maka semakin dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kalian.” (QS. Al-Hujuraat: 13)

Sebagai orang yang beriman, kita tentunya meyakini Allah-lah yang Maha Memberi rezeki. sebagaimana kalam-Nya: “Sesungguhnya Allah, Dia-lah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.” (QS. adz-Dzariyat: 58)

Karena itu, jemputlah rezekimu dengan cara yang halal! Pilih jenis pekerjaan yang halal, jangan yang haram.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: ”Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami Berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. al-Baqarah : 172)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini