UM Surabaya

Tahun ini, ibadah haji berlangsung saat gelombang panas, dengan suhu rata-rata 40 bahkan sewaktu di Arofah melebihi 47 derajat Celsius.

Beberapa dari mereka yang meninggal dunia adalah orang lanjut usia atau menderita penyakit kronis, juga dehidrasi karena kurang minum atau baru minum bila haus.

Orang yang ketika wafat lalu disalatkan oleh orang banyak, maka ia berhak masuk surga.

Hal ini didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ فَيُصَلِّي عَلَيْهِ ثَلَاثَةُ صُفُوفٍ مِنْ الْمُسْلِمِينَ إِلَّا أَوْجَبَ

“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia lalu disalatkan untuknya hingga mencapai tiga shaf (baris) kaum muslimin, kecuali diwajibkan baginya (masuk surga).” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ فَلَهُ قِيرَاطٌ وَمَنْ اتَّبَعَهَا حَتَّى تُوضَعَ فِي الْقَبْرِ فَقِيرَاطَانِ قَالَ قُلْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ وَمَا الْقِيرَاطُ قَالَ مِثْلُ أُحُدٍ

“Barangsiapa menyalatkan jenazah, maka baginya pahala satu qirath, dan siapa yang mengantarnya hingga jenazah itu di letakkan di liang kubur, maka baginya pahala dua qirath.”

“Ya Abu Hurairah, seperti apakah dua qirath itu?” Tanyaku.

Beliau menjawab, “Seperti gunung Uhud.” (HR. Muslim)

Hadis di atas jelas menunjukkan bahwa pahala salat jenazah adalah satu qirath. Lalu salat dan menghadiri proses pemakaman, dapat dua qirath.

Syarat pahala satu qirath adalah untuk yang menyalatkan jenazah.

Imam Ibnu Hajar Al Asqalani rahimahullah berkata:

والذي يظهر لي : أن القيراط يحصل أيضا لمن صلى فقط ، لأن كل ما قبل الصلاة وسيلة إليها ، لكن يكون قيراط من صلى فقط دون قيراط من شيّع مثلا وصلى ، ورواية مسلم عن أبي هريرة بلفظ : ( أصغرهما مثل أحد ) يدل على أن القراريط تتفاوت

“Yang tampak kuat bagiku adalah, pahala satu qirath cukup didapatkan dengan menyalati saja. Karena segala kegiatan sebelum salat, itu hanya sarana untuk menyalati jenazah. Namun, satu qirath yang didapat oleh orang yang hanya menyalatkan, berbeda dengan satu qirath orang yang didapat oleh orang salat dan melayat di rumah duka sampai Jenazah di antar ke pemakaman.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini