Tahun ini, ibadah haji berlangsung saat gelombang panas, dengan suhu rata-rata 40 bahkan sewaktu di Arofah melebihi 47 derajat Celsius.
Beberapa dari mereka yang meninggal dunia adalah orang lanjut usia atau menderita penyakit kronis, juga dehidrasi karena kurang minum atau baru minum bila haus.
Orang yang ketika wafat lalu disalatkan oleh orang banyak, maka ia berhak masuk surga.
Hal ini didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW,
ู ูุง ู ููู ู ูุณูููู ู ููู ููุชู ููููุตููููู ุนููููููู ุซูููุงุซูุฉู ุตูููููู ู ููู ุงููู ูุณูููู ูููู ุฅููููุง ุฃูููุฌูุจู
“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia lalu disalatkan untuknya hingga mencapai tiga shaf (baris) kaum muslimin, kecuali diwajibkan baginya (masuk surga).” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)
Dari Abu Hurairah radhiyallahu โanhu, Nabi shallallahuโalaihi wa sallam bersabda:
ู ููู ุตููููู ุนูููู ุฌูููุงุฒูุฉู ูููููู ูููุฑูุงุทู ููู ููู ุงุชููุจูุนูููุง ุญูุชููู ุชููุถูุนู ููู ุงููููุจูุฑู ูููููุฑูุงุทูุงูู ููุงูู ููููุชู ููุง ุฃูุจูุง ููุฑูููุฑูุฉู ููู ูุง ุงูููููุฑูุงุทู ููุงูู ู ูุซููู ุฃูุญูุฏู
โBarangsiapa menyalatkan jenazah, maka baginya pahala satu qirath, dan siapa yang mengantarnya hingga jenazah itu di letakkan di liang kubur, maka baginya pahala dua qirath.โ
โYa Abu Hurairah, seperti apakah dua qirath itu?โ Tanyaku.
Beliau menjawab, โSeperti gunung Uhud.โ (HR. Muslim)
Hadis di atas jelas menunjukkan bahwa pahala salat jenazah adalah satu qirath. Lalu salat dan menghadiri proses pemakaman, dapat dua qirath.
Syarat pahala satu qirath adalah untuk yang menyalatkan jenazah.
Imam Ibnu Hajar Al Asqalani rahimahullah berkata:
ูุงูุฐู ูุธูุฑ ูู : ุฃู ุงูููุฑุงุท ูุญุตู ุฃูุถุง ูู ู ุตูู ููุท ุ ูุฃู ูู ู ุง ูุจู ุงูุตูุงุฉ ูุณููุฉ ุฅูููุง ุ ููู ูููู ููุฑุงุท ู ู ุตูู ููุท ุฏูู ููุฑุงุท ู ู ุดููุน ู ุซูุง ูุตูู ุ ูุฑูุงูุฉ ู ุณูู ุนู ุฃุจู ูุฑูุฑุฉ ุจููุธ : ( ุฃุตุบุฑูู ุง ู ุซู ุฃุญุฏ ) ูุฏู ุนูู ุฃู ุงููุฑุงุฑูุท ุชุชูุงูุช
“Yang tampak kuat bagiku adalah, pahala satu qirath cukup didapatkan dengan menyalati saja. Karena segala kegiatan sebelum salat, itu hanya sarana untuk menyalati jenazah. Namun, satu qirath yang didapat oleh orang yang hanya menyalatkan, berbeda dengan satu qirath orang yang didapat oleh orang salat dan melayat di rumah duka sampai Jenazah di antar ke pemakaman.”