UM Surabaya

Praktik Cek Khodam

Praktik “cek khodam” atau mencoba mengetahui keberadaan khodam dalam diri seseorang sering dilakukan melalui ritual atau bantuan paranormal. Dalam pandangan Islam, praktik ini bisa bertentangan dengan agama Islam.

Karena perbuatan ini, melibatkan dukun atau paranormal. Islam melarang keras umatnya mendatangi dukun atau paranormal.

Sebagaimana Nabi Muhammad Saw melarang mendatangi dukun apalagi sampai mempercayainya, seperti hadis riwayat Imam Muslim:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى الْعَنَزِيُّ حَدَّثَنَا يَحْيَى يَعْنِي ابْنَ سَعِيدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ صَفِيَّةَ عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ  :مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al-Mutsanna al-‘Anazi; Telah menceritakan kepada kami Yahya yaitu Ibnu Sa’id dari ‘Ubaidillah dari Nafi’ dari Shafiyyah dari sebagian para istri Nabi saw, dari Nabi saw bersabda, “Barangsiapa mendatangi tukang ramal lalu dia bertanya kepadanya tentang suatu hal, maka salatnya tidak akan diterima selama empat puluh malam.” (HR Muslim nomor 4137)

Begitu juga dijelaskan dalam Instagram Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, terdapat empat fakta tentang cek khodam di tiktok.

Pertama, ramalan khodam di live tiktok sering kali dikaitkan dengan hal gaib, mistis, dan supranatural. Hal ini bertentangan dengan akidah tauhid Islam yang melarang percaya pada kekuatan selain Allah SWT.

Kedua, memanfaatkan ketidaktahuan orang. Banyak orang yang menonton live tiktok ramalan khodam karena penasaran atau ingin mengetahui masa depan mereka. Hal ini dimanfaatkanı oleh para penyiar live tiktok untukmendapatkan keuntungan finansial.

Ketiga, menimbulkan kecemasan dan ketakutan. Ramalan khodam di live tiktok seringkali memberikan hasil yang negatif. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan dan ketakutan bagi orang yang menontonnya.

Keempat, mengalihkan fokus dari Ibadah. Menonton live tiktok ramalan khodam dapat menghabiskan waktu dan mengalihkan fokus dari ibadah.

Kesimpulan

Maka dapat disimpulkan dalam Islam, mencari bantuan atau interaksi dengan khodam tidak dianjurkan dan bisa membawa kepada perbuatan syirik.

Umat Islam diharapkan untuk selalu bertawakkal kepada Allah Swt dan memohon bantuan hanya kepada-Nya. Sebagai umat yang beriman, kita harus menjauhi segala bentuk praktik yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan menjaga aqidah serta keimanan kita dari segala bentuk penyimpangan.

Sebagai penutup, mari kita berdoa agar Allah Swt selalu membimbing kita dalam jalan yang benar dan menjauhkan kita dari segala bentuk kesyirikan dan kebatilan.

Wallahu a’lam bishawab. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini