Dapatkan Hibah Nasional PPK ORMAWA, KPM UMY Luncurkan Program Digitialisasi Desa Edu-Ekowisata
UMY Luncurkan Program Digitialisasi Desa Edu-Ekowisata di di Desa Margoluwih Sleman.

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Penelitian Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UKM KPM UMY) telah melaksanakan sosialisasi perdana di Desa Margoluwih, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman. Kegiatan yang bertempat di Pendopo Stasiun Cibuk Kidul Desa Margoluwih merupakan langkah awal tim PPK Ormawa UKM KPM UMY dalam mewujudkan desa wisata edukasi ekologi berbasis digital, Jumat (28/6/2024).

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan sebagai pengenalan kepada masyarakat Desa Margoluwih mengenai kegiatan PPK Ormawa UKM KPM UMY dengan judul “Optimalisasi Potensi Mina Padi sebagai Destinasi Edu-Ekowisata Melalui Program Sustainable Tourism Berbasis Digital di Desa Margoluwih”.

Masyarakat berharap dengan hadirnya tim PPK ORMAWA UKM KPM UMY dapat menjadi pionir perubahan dan kemajuan dalam perkembangan Desa Wisata.

“Adanya Mahasiswa diharapkan dapat menyebarkan ilmu, wawasan dan kemajuan di Desa Wisata Cibuk Kidul,” ucap Yongki, selaku Dukuh di Dusun Cibuk Kidul.

Dosen pendamping tim PPK ORMAWA KPM UMY, Filosa Gita Sukmono menyampaikan dengan berhasilnya mendapatkan hibah nasional PPK ORMAWA harapannya dapat membantu perubahan Desa Margoluwih ke arah yang lebih baik. Dengan memaksimalkan potensi yang ada di desa seperti sistem pertanian Mina Padi dan pendigitalisasian desa wisata.

Ia juga menjelaskan, berbagai program yang telah disusun merupakan hasil diskusi dengan masyarakat setempat, yang ingin mengoptimalkan sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh desa wisata ini.

“Adanya UKM KPM UMY di sini mudah-mudahan dapat memicu perubahan, terlebih program ini juga mendapatkan hibah pendanaan nasional kemudian juga program yang akan dilaksanakan adalah hasil diskusi dengan para pengurus desa wisata yang ingin mengoptimalkan potensi pada sistem pertanian Mina Padi dan mendigitalisasi Desa Wisata,” jelas Filosa.

Kasinun, selaku Ketua Pengurus Desa Wisata Cibuk Kidul, mengungkapkan kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung, dan menjadikan Desa Wisata Cibuk Kidul lebih maju dan diminati oleh para turis di Yogyakarta.

“Dengan adanya kegiatan PPK ORMAWA ini, saya dan para warga merasa terbantu, semoga Cibuk Kidul menjadi lebih maju dan menjadi lebih dicintai oleh para pengunjung,” pungkasnya.  (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini