Dalam sambutannya, Ketua PDA Kabupaten Tuban, Indah Ummu Chilmi mengungkap kiprah ‘Aisyiyah dalam gerakan dakwahnya selama satu abad lebih.

Ia mengatakan, ‘Aisyiyah tetap tegak berdiri sampai saat ini karena atas izin Allah serta kerja keras para warganya mulai dari pusat sampai ranting.

“Selama 107 tahun, ‘Aisyiyah telah berkiprah dalam berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi hingga lingkungan,”ungkapnya.

“Program-program ‘Aisyiyah tidak hanya berfokus hanya berfokus pada peningkatan kualitas hidup anggotanya tetapi juga masyarakat luas,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban, Masrukin turut menyampaikan apresiasinya terhadap peran ‘Aisyiyah yang konsisten dalam memberdayakan perempuan.

Masrukin juga menyinggung tentang tema yang diusung pada Milad ‘Aisyiyah yaitu “Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta”.

Baca juga: ‘Aisyiyah Tuban Rilis Program Pelopor dan Pelapor Nasional

“Tema yang diusung pada Milad kali ini luar biasa. Ini artinya kita perlu untuk terus bersemangat sehingga tetap kokoh. Memperkokoh adalah menguatkan untuk memperjuangkan nilai-nilai kebaikan Islam untuk semesta,”ungkapnya.

Ia berharap agar ‘Aisyiyah terus menjadi garda terdepan dalam mengadvokasi isu-isu sosial, pendidikan, dan kesehatan yang penting bagi kemajuan bangsa.

Mukaromah yang menjadi pembicara utama pada perhelatan ini mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas segala pencapaian yang telah diraih ‘Aisyiyah.

Ia juga menekankan pentingnya mempertahankan semangat juang dan komitmen mulai dari pusat sampai ranting dalam membawa perubahan positif di masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Mukaromah menjelaskan tentang pusat pilar dakwah ‘Aisyiyah. Ada empat pilar yang disampaikannya yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial.

“Kita mempunyai ribuan mulai dari Kelompok Bermain sampai Perguruan Tinggi. Bidang kesehatan, kita memiliki balai pengobatan sampai rumah sakit. Ekonomi tidak hanya untuk UMKM tetapi juga bisa membuka Sekolah Wira usaha ‘Aisyiyah. Kesejahteraan sosial, hukum tidak kalah penting demi berkontribusi untuk bangsa dan negara,”terangnya.

Ia berharap dengan semangat milad ke-107, ‘Aisyiyah terus berkomitmen untuk membawa perubahan positif dan memberdayakan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan.

Selain itu juga agar semangat ini dapat terus dijaga dan diwariskan kepada generasi muda, sehingga cita-cita untuk memperluas dakwah kemanusiaan semesta dapat terwujud.

Pada perhelatan ini, ‘Aisyiyah Tuban juga mengadakan pemeriksaan dan pengobatan gratis serta donor darah dengan menggandeng Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban. (iwan abdul gani)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini