Jangan Percayai Dukun
foto: linkedin

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S. Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“People who come and believe in shamans have fallen into the abyss of disbelief.”

(Orang yang datang dan percaya pada dukun maka ia telah terjerumus ke dalam jurang kekufuran)

Tidak ada yang lebih berbahaya daripada mempercayai dukun atau tukang sihir. Dalam Al-Qur’an dan hadis mempercayai dukun bertentangan dengan ajaran Islam.

Dalam ajaran Islam dinyatakan bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan atas takdir manusia, bukan dukun atau tukang sihir. Sebagaimana dalam firman-Nya:

قُل لَّآ أَمْلِكُ لِنَفْسِى نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَآءَ ٱللَّهُ ۚ وَلَوْ كُنتُ أَعْلَمُ ٱلْغَيْبَ لَٱسْتَكْثَرْتُ مِنَ ٱلْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِىَ ٱلسُّوٓءُ ۚ إِنْ أَنَا۠ إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman. “(QS. Al-A’raaf:188)

Hadis pun mengingatkan kita untuk menjauhi dukun, karena mendatangi dukun seperti ini haram hukumnya. Barangsiapa mendatanginya dan bertanya kepadanya, maka salatnya selama 40 hari tidak diterima oleh Allâh SWT.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

“Barangsiapa mendatangi ‘arrâf lalu bertanya kepadanya tentang sesuatu, tidak akan diterima darinya salat 40 hari.” (HR. Muslim, No: 2230)

Maksud “tidak akan diterima darinya salat 40 hari”, yaitu tidak ada pahala baginya, walaupun salatnya sah di dalam menggugurkan kewajibannya, dan dia tidak harus mengulanginya.

Dukun atau tukang sihir hanya akan mempermainkan hasrat dan ketakutan kita. Jangan biarkan mereka menguasai hidup dan keputusan kita. Kita hanya perlu mempercayai Allah dan mengikuti ajaran-Nya.

Jadi, mari kita hindari mempercayai dukun atau tukang sihir karena tindakan tersebut bertentangan dengan Islam dan membahayakan keselamatan spiritual kita.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini