Doa Memohon Keselamatan
foto: getty images

*) Oleh: Dr. Ajang Kusmana

Hidup adalah ujian. Ada ujian yang bisa diatasi lebih cepat, dan ada yang membutuhkan waktu.

Tentang hidup ini adalah ujian yang penuh masalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

ٱلَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَا لْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا ۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفُوْرُ

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa, Maha Pengampun.” (QS. Al-Mulk 67: Ayat 2)

Untuk menyelesaikan soal ujian harus punya ilmu agar benar dalam menyelesaikannya.

Di sisi lain, kita mendambakan agar hidup nyaman tanpa ujian masalah. Tentunya ini adalah hal yang tidak mungkin tercapai, setidaknya kita berusaha meminimalisasi terjadinya ujian yang berat. Salah satu usaha itu adalah doa.

لا بد من أن نحتمل الحياة بحلوها ومرها، وخيرها وشرها؛ وهذا شأن الحياة.. ورود وأشواك، ونسمات وأعاصير.. هذه حياتنا.. لا بد أن نأخذها كما هي، أما إن كنا نريد الحياة وردًا بلا شوك، ولحمًا بلا عظم، ونهارًا بلا ليل، ونورًا بلا ظلام؛ فهذا ليس شأن الحياة.

“Kita harus menghadapi kehidupan ini, baik manis atau pahit, baik dan buruknya, itulah tabiat kehidupan. Bunga dan duri, angin sepoi-sepoi dan badai, itulah kehidupan dunia yang harus kita terima apa adanya. Adapun jika kita ingin kehidupan menjadi bunga tanpa duri, daging tanpa tulang, siang tanpa malam, dan terang tanpa kegelapan, maka yang seperti itu bukan watak kehidupan (di dunia). Syaikh Yusuf al Qaradhawi

Berikut doa agar kita selamat dunia dan akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

” Ya Allah, Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

” Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka dan ampunan pada saat hisab.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini