1.500 Mahasiswa Umsida Ikuti Seminar Puncak Pendidikan Karakter
foto: umsida

Seminar Nasional Puncak Pendidikan Karakter Mahasiswa Umsida (PKMU) tahun akademik 2023-2024 “Mahasiswa Umsida, Islamic Smart Generation” diglar di Auditorium KH Ahmad Dahlan Umsida, Rabu (3/07/2024).

Kegiatan yang diadalam Direktorat Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (DAIK Umsida)ini diikuti sekitar 1.500 mahasiswa yang telah mengikuti rangkaian kegiatan PKMU selama tiga hari.

Mahasiswa yang datang didominasi oleh para mahasiswa baru Angkatan 2023/2024 dari seluruh fakultas. Tema tersebut diangkat dengan harapan mampu menjadi generasi Islam yang memiliki kecerdasan.

Puncak rangkaian PKMU ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pandangan kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk mendapatkan pandangan mengenai jasmani, finansial, dan juga spiritual.

Ada pula tiga pemateri yang mengisi seminar ini. Seperti Dr. Musfiqon yang mengisi materi mengenai Sehat Spiritual, Dr Hadiah Fitriyah SE MSi yang memaparkan tentang kesehatan finansial, dan dr Rifda Savirani yang mengisi materi Sehat Jasmani. Mereka memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai pegangan atau pedoman yang perlu dimiliki oleh setiap mahasiswa Umsida dari tiga aspek tersebut.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Dr. Nurdyansyah mengatakan, Umsida selalu berupaya untuk selalu mengembangkan karakter para mahasiswa sebagai bekal untuk masa yang akan datang.

“Saya berharap kepada teman-teman semua yang ada di sini sekarang, hari ini mulai sadar dan juga memahami bahwa Umsida berupaya dengan serius untuk mengembangkan karakter, khususnya pada bagian spiritual, finansial, dan juga jasmani. Saya juga berharap kalian semua bisa serius untuk memperhatikan puncak rangkaian PKMU ini,” ucapnya.

Menurutnya, puncak rangkaian PKMU tidak hanya dilaksanakan sekali, namun rutin setiap tahun. Dengan skema seperti itu, maka seluruh peserta yang mengikuti rangkaian PKMU dapat menikmati acara penutupan dengan menikmati seminar yang dapat membawa dampak positif untuk diri sendiri.

Drs. Mu’adz mengatakan, untuk tahun ini, kami mengadakan seminar nasional untuk membentuk karakter para mahasiswa agar semakin kuat, di samping telah mengikuti rangkaian acara PKMU dengan baik.

“Spiritual, finansial, dan juga jasmani adalah tiga hal penting yang perlu ditanamkan di dalam diri kita semua,” ujarnya.

Seminar nasional ini disambut antusias oleh para mahasiswa yang hadir. hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan menarik yang dilontarkan, hadiah dari narasumber untuk beberapa peserta yang mampu menaklukkan tantangan, serta awarding pemenang lomba kreativitas pembuatan video PKMU. (ario khairul habib)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini