Hijrah dan Harapan
foto: muslim.sg

*) Oleh: Ustaz Muhammad Nashihudin, MSi,
Ketua Majelis Tabligh PDM Jakarta Timur

Setelah sekian tahun Rasulullah saw dan para sahabatnya berdakwah di kota Mekkah kurang mendapatkan sambutan hangat dari kaum Quraisy dan banyaknya para sahabatnya yang disiksa, di-bully bahkan yang dibunuh oleh kaum musyrikin, maka Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Muhammad saw untuk meninggalkan serta pindah dan hijrah bersama para sahabat dari Al Makkah Al Mukaromah menuju ke Kota Yastrib, yaitu Al Madinah Al Munawwarah.

Tentu berhijrah bukanlah urusan yang mudah karena semua harus dipersiapkan dengan matang karena pergerakan beliau selalu diintai dan dikuntit oleh orang orang Yahudi dan musyrik yang jahat selalu ingin membunuh nabi Muhammad Saw.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَا جَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَ مْوَا لِهِمْ وَاَ نْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَا لَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْۤا اُولٰٓئِكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۗ وَا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَا جِرُوْا مَا لَـكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَا جِرُوْا ۚ وَاِ نِ اسْتَـنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَا قٌ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Anfal 8: Ayat 72)

Hijrah sangat penting dalam sejarah Islam untuk berkembang dan menjadi tonggak penting untuk mengawal Islam sebagai agama samawi yang sangat mulia untuk kehidupan manusia.

Hijrahnya Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya dari Mekkah menuju ke kota Madinah al Munawwarah untuk kemandirian dan dakwah Islam universal ke seluruh alam semesta ini sehingga dakwahnya masuk ke pelosok negeri.

1. Orang yang berhijrah akan mendapatkan ampunan dan pahala yang besar

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَا لَّذِيْنَ هَا جَرُوْا وَجَاهَدُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙ اُولٰٓئِكَ يَرْجُوْنَ رَحْمَتَ اللّٰهِ ۗ وَا للّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang berhijrah, dan berjihad di jalan Allah, mereka itulah yang mengharapkan rahmat Allah. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 218)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini