Indonesia Puncaki Klasmen AUG 2024, Tapak Suci Sumbang Enam Emas
Atlet pencak silat Tapak Suci di AUG 2024.
UM Surabaya

Tapak Suci Putera Muhammadiyah berhasil menyumbangkan enam emas, dua perak, dan satu perunggu dalam gelaran Asean University Games (AUG) 2024.

Jumlah tersebut berarti hampir separuh medali dari pencak silat. Total medali Indonesia dari cabang ini adalah tiga belas emas, lima perak, dan enam perunggu.  ⁠Tim Indonesia dengan demikian menjadi juara umum cabang olahraga Pencak Silat.

“Keberhasilan ini merupakan hasil proses yang panjang dan dukungan banyak pihak. Perjuangan semua atlet Tapak Suci, bersama para atlet yang lain juga harus kita apresiasi,” ujar Nur Subekti, pelatih tim nasional pencak silat Indonesia di Asean University Games, pada Sabtu (6/7/2024).

Pengurus Lembaga Pengembangan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Kepala  Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini berharap agar olahraga pendidikan di Muhammadiyah semakin berkembang, sehingga bisa semakin terus berkontribusi.

“Prodi pendidikan olahraga dan yang sejenisnya di berbagai universitas Muhammadiyah, kelas khusus olahraga di sekolah Muhammadiyah, dan berbagai perkumpulan olahraga Muhammadiyah perlu didukung,” tambahnya.

Catatan baik ini diharapkan para juara masuk pertimbangan dalam monitoring atlet pelatnas Sea Games, selain itu juga bisa menjadi kandidat dipanggil seleknas untuk kejuaraan bergengsi lain seperti SEA Game ataupun Kejuaraan Dunia.

Sebagaimana yang diketahui, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Asean University Games. Ajang olahraga antar mahasiswa paling prestisius di Asia Tenggara ini dilaksanakan dari 25 Juni sampai 6 Juli 2024 dengan Lokasi di Provinsi Jawa Timur.

Kontingen Indonesia berhasil mencatatkan prestasi dengan resmi keluar sebagai juara umum Asean University Games. Kepastian itu didapat setelah pada Kamis (4/7), telah mengumpulkan 100 emas, 79 perak, 53 perunggu.

Posisi Indonesia di puncak klasemen perolehan medali tak tergoyahkan, meskipun kontingen lain menambah medali namun posisi Indonesia sudah tidak mungkin dilampaui, sampai penutupan di Sabtu (6/7/2024).

Asean University Games kali ini merupakan pelaksanaan yang ke-21. Asean University Games yang digelar dua tahunan diikuti oleh para mahasiswa dari negara-negara di Asia Tenggara.

Ada puluhan cabang olahraga yang dipertandingkan berjumlah dua puluh satu dengan venue yang tersebar pada sembilan lokasi di Malang dan Surabaya, salah satunya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dome sebagai venue Pencak Silat. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini