Di Balik Siang dan Tirai Malam
foto: medium
UM Surabaya

*) Oleh: Masro’in Assafani, MA
Wakil Ketua PDM Lamongan

Di dalam pergeseran matahari atau pergerakannya, maka terjadilah sebuah peralihan waktu dan peralihan suasana.

Ketika pergeseran matahari menuju pagi, maka diawalilah semburat fajar nan indah, sampalah dengan kemunculan matahari, disebu dengan matahari terbit, pagi lalu siang pun menampakkan diri.

Matahari sekali lagi bergerak menuju siang, siang terus menuju senja, semburat lembayung senja pun mulai tampak dengan indahnya, maka suasana pun beringsut menjadi gelap, naka disebutlah dengan malam hari

Dan semua itu merupakan kuasa robbul’aalamiin.

Dan milik-Nyalah segala apa yang ada, baik pada waktu malam maupun pada siang hari. Dan Dialah Tuhan Yang Maha Mendengar, Lagi Maha Mengetahui.”

Allah SWT berfirman:

وَلَهٗ مَا سَكَنَ فِى الَّيْلِ وَالنَّهَارِ ۗ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Dan milik-Nyalah segala apa yang ada pada malam dan siang hari. Dan Dialah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. Al-An’am 6 Ayat 13)

Kandungan Ayat

1. Semua Milik Allah; “Dan milik-Nyalah segala apa yang ada pada malam dan siang hari.

2. Maha Mendengar Maha Mengetahui; “Dan Dialah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Ibrah (pelajaran) yang bisa di ambil:

Disebut malam dan siang, manusia setelah usaha penuh disiang harinya; yang petani mengerjakan pertanianya, yang guru mengajar muridnya, yang dosen bersama maha siswanya, yang pejabat melaksanakan kesalehan dari tugas jabatannya.

Maka saat malam tiba, semuanya melepas lelah, tenteram bersama keluarga, serta menunaikan ibadah dengan khusuk dan penuh harap rida Allah SWT.

Catatan

Sungguh sempurna Allah mencipta manusia dan persediaan untuk kehidupannya serta waktu aktivitas dan istirahatnya, sampai manusia tidak mengetahui itu semua, maka hanya Allahlah yang Maha Mengengar ( السميع) dan Maha Mengetahui (العليم).

Doa

…. رَبَّنَاۤ اَ تْمِمْ لَـنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَـنَا ۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“… Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At-Tahrim 66: Ayat 8). (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini