Lintas Kampus Muhammadiyah Komitmen Perkuat Ilmu Falak
Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
UM Surabaya

Jaringan kampus Muhammadiyah komitmen kembangkan fasilitas untuk menunjang ilmu falak, seperti yang dilakukan oleh Tim Observatorium Unismuh Makassar yang berkunjung ke Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU).

Kepala Observatorium Ilmu Falak UMSU Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar yang juga merupakan Ketua Prodi Ilmu Falak menyampaikan, terdapat empat unsur penting yang harus ada dalam observatorium.

Keempat unsur tersebut menurut Arwin meliputi, aktivitas observasi yaitu melakukan pengamatan benda-benda langit secara rutin, dan analisis hasil observasi sebab dengan menganalisis data hasil pengamatan untuk mendapatkan informasi ilmiah.

Selain itu juga perlu melakukan pencatatan data observasi yaitu mencatat dan mendokumentasikan data hasil pengamatan dengan rapi dan sistematis, serta melakukan kolaborasi dengan observatorium lain dan komunitas astronomi untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

“Selain itu, menekankan pentingnya empat pilar dalam pengelolaan observatorium, yakni Sumber Daya Manusia (SDM), Memiliki tim yang kompeten dan terlatih dalam pengelolaan observatorium,” katanya seperti disampaikan via siaran pers, Kamis (11/7/2024).

Menurut Arwin, yang tidak kalah penting adalah manajemen yang efektif dan efisien untuk mengatur operasional observatorium. Tentu juga dengan melengkapi alat-alat sehingga observatorium dapat dimanfaatkan secara maksimal, terakhir yang tidak boleh lupa adalah sumber pendanaan yang stabil.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor IV Dr. Mawardi Pewangi menyampaikan komitmen akan mengembangkan observatorium milik Muhammadiyah di kawasan Indonesia Timur, khususnya di Sulawesi Selatan. Sebab keberadaannya sangat dibutuhkan oleh peradaban.

“Kami bertekad untuk terus mengembangkan Observatorium Unismuh dan menjadikannya sebagai pusat edukasi dan penelitian astronomi di wilayah Sulawesi Selatan,” tuturnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini