Soal Kerja Sama dengan Perbankan, Muhammadiyah Kedepankan Mutual Aspect
Jajaran PP Muhammadiyah saat menerima kunjungan silaturahmi dari PT. Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) di Kantor Dakwah PP Muhammadiyah Jakarta Pusat..
UM Surabaya

Terkait dengan kerja sama yang dijalin antara Muhammadiyah dengan dunia perbankan, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas menyebut Muhammadiyah terbuka dengan pihak mana pun.

Hal itu disampaikan oleh Anwar pada Selasa (9/7/2024) saat menerima kunjungan silaturahmi dari PT. Bank Riau Kepri (BRK) Syariah (Perseroda) di Kantor Dakwah PP Muhammadiyah Jl. Menteng Raya, No. 62, Jakarta Pusat.

Keterbukaan Muhammadiyah dalam kerja sama dengan golongan manapun ini sesuai dengan nilai-nilai yang dikandung dalam kepribadian Muhammadiyah, yang didalamnya sekaligus juga harus berlaku adil dan korektif keluar dan ke dalam.

Namun demikian, Anwar menyampaikan kerja sama yang dibangun antara Muhammadiyah dengan perbankan bisa dilakukan apabila sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan bank tersebut sehat, serta mengedepankan mutual aspect.

“PP Muhammadiyah mengembangkan konsep yang terstruktur antara penempatan dan pembiayaan dan selalu mengedepankan aspek mutual respect di dalam proses kerja sama,” katanya.

Sementara, terkait dengan kunjungan silaturahmi yang dilakukan oleh PT. BRK Syariah, PP Muhammadiyah akan mengkaji aspek-aspek yang bisa dikembangkan bersama, serta diminta untuk mengajukan surat permohonan kerja sama.

“PP Muhammadiyah akan mengkaji aspek mana yang akan dikembangkan bersama BRK Syariah. Selanjutnya BRK Syariah dipersilahkan untuk mengirimkan surat penawaran kerjasama ke DPP Muhammadiyah,” imbuh Anwar Abbas.

Di sisi lain, Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah, MA Suharto berterima kasih atas sambutan yang diberikan oleh PP Muhammadiyah dan menerima kunjungan ini dengan hangat. Dia menyampaikan kedatangan ini menindaklanjuti keinginan dari Muhammadiyah wilayah Kepulauan Riau dan Riau.

“Alhamdulillah dalam pertemuan kita dengan PP Muhammadiyah diterima dengan baik, apa yang menjadi kendala di daerah disampaikan langsung ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan tujuan mendapatkan solusi,” katanya.

Dikatakan Suharto, kerja sama strategis ini nantinya mencakup seluruh pelayanan perbankan untuk semua produk syariah, sehingga dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan khususnya di lingkungan Muhammadiyah.

Dalam pertemuan tersebut dari PP Muhammadiyah hadir Anwar Abbas dan Bendahara Umum PP Muhammadiyah, Hilman Latief. Sementara dari PT BRK Syariah ada Branch Manajer BRKS Jakarta Nety Supiaty, Pinbag Pembiayaan Komersil Herman Dahlah, Pinbag Dana Beni Saputra beserta tim dari BRK Syariah Jakarta. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini