UM Surabaya

5. Menanamkan rasa percaya diri dan mengerti harga diri. jika dilihat, banyak kasus orang yang menjual diri (dan istilah semacamnya). Maka semuanya dilakukan itu berarti orang tersebut sudah kehilangan ketauhidannya, tidak yakin kepada Tuhannya hingga dia rela melepaskan harga diri.

Kedua adalah ibadah. Menyangkut persoalan ibadah apapun yang kita lakukan itu, tidak boleh kecuali yang diperintah kaidahnya.

“Maka beribadah harus sesuai dengan tuntunan, tidak boleh beribadah yang tidak ada tuntunannya,” jelas doktor lulusan UIN Sunan Ampel itu.

Ketiga adalah muamalah. Hal tersebut berbeda dengan persoalan muamalah. Muamalah, semuanya boleh kecuali yang dilarang, sedangkan ibadah, semuanya dilarang kecuali yang diperintah.

Karena itu, umat Islam harus mengikuti Rasul dan terbebas dari bid’ah (menambah atau mengurangi suatu ajaran ibadah). Misalnya, ketika sa lat harus mengikuti yang dicontohkan oleh nabi.

“Insya Allah semua tuntunan ibadah mahdhah yang diterbitkan oleh PP Muhammadiyah melalui majelis tarjih atau majelis tabligh itu semua sahih sumbernya,” katanya.

Keempat adalah akhlak. Sikap dan ucapan itu harus melahirkan kebaikan di mana saja, baik akhlak kepada Allah, sesama manusia, hingga terhadap alam sekitar yang harus melahirkan kebaikan. (romadhona s)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini