Pintu-Pintu Ampunan Allah
foto: islamestic.
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“No matter how dark our past is, while we are still alive, we still have the opportunity to become members of heaven. Never give up hope of changing and seeking forgiveness from Allah.”

(Sekelam apa pun masa lalu kita, selagi kita masih bernyawa, kita tetap berpeluang menjadi ahli surga. Jangan pernah berputus asa untuk berubah dan mencari ampunan dari Allah)

Pintu-pintu ampunan Allah adalah salah satu dari banyak rahmat Allah yang tidak ada batasannya.

Al-Qur’an menyebutkan beberapa pintu ampunan Allah yang dapat digunakan oleh seorang muslim untuk memohon ampunan dan mendapatkan rahmat dari-Nya.

Salah satu pintu ampunan Allah yang terkenal adalah pintu taubat. Allah mengajak para hamba-Nya untuk selalu kembali kepada-Nya dengan tobat yang ikhlas dan tulus.

Sebagaimana dalam firman-Nya:

إِنَّمَا ٱلتَّوْبَةُ عَلَى ٱللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ ٱلسُّوٓءَ بِجَهَٰلَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِن قَرِيبٍ فَأُو۟لَٰٓئِكَ يَتُوبُ ٱللَّهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

“Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Qs. An-Nisa:17)

Selain itu, Allah juga menjanjikan pintu ampunan bagi hamba-Nya yang memohon ampunan-Nya dengan sungguh-sungguh. Allah SWT berfirman:

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Az-Zumar:53)

Dalam sebuah hadis yang patut jadi renungan, Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah Saw bersabda, Allah SWT berfirman:

قَالَ اللَّهُ يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِى وَرَجَوْتَنِى غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلاَ أُبَالِى يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِى غَفَرْتُ لَكَ وَلاَ أُبَالِى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِى بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِى لاَ تُشْرِكُ بِى شَيْئًا لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

“Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi No. 3540).

Hadis di atas menunjukkan bahwa Allah benar-benar Maha Pengampun. Setiap dosa, baik dosa kecil, dosa besar, dosa syirik bahkan dosa kekufuran bisa diampuni selama seseorang bertobat sebelum datangnya kematian walaupun dosa itu sepenuh bumi.

Oleh karena itu, sebagai hamba Allah yang senantiasa berusaha mendekatkan diri kepada-Nya, kita harus selalu memohon ampunan dan memanfaatkan pintu-pintu ampunan tersebut untuk meraih rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini