UM Surabaya

Supaya membangun Muhammadiyah dari bawah, dari bottom up dan dari akar pun bisa sama maju dan hebatnya dengan yang ada di atas puncak khususnya wilayah dan pusat.

Jangan menjadi Muhammadiyah sebagai formalitas saja untuk memenuhi SK pimpinan pengurus, kemudian tidak adanya sebuah kemajuan dalam gerakan nyata untuk membangun amal usaha Muhammadiyah lainnya yang beragam.

Jika hanya Muhammadiyah formalitas untuk mendapatkan kebesaran nama ataupun kehormatan secara personal, maka lebih baik buat yayasan sendiri ataupun pindah kepada organisasi lain yang hanya cukup formalitas, hanya cukup plang nama dan hanya cukup sekadar laporan kerorganisasian ke tingkat level daerah dan bawah.

Sebab, ciri organisasi Islam Muhammadiyah adalah berkarya nyata, beramal usaha, berorganisasi tanpa retorika tapi harus bisa menjadi amanah untuk kepentingan Islam dan seluruh umat manusia.

Rugi bila hanya menjadi Muhammadiyah Formalitas, sebab regenerasi bisa tidak berjalan dan akan stagnan tidak adanya wajah baru penerus organisasi yang dipersiapkan untuk masa yang akan abang baik untuk daerah, cabang dan ranting beserta ortom lainnya.

Maka, janganlah hanya sekedar Muhammadiyah formalitas yang hanya merugikan eksistensi Muhammadiyah di level menengah ke bawah karena kemampuan yang sangat minim juga lambat merespons segala perubahan dan pembaharuan.

Pentingnya banyak belajar sebagai pengurus pimpinan Muhammadiyah di daerah, cabang dan ranting untuk dapat menghidupkan yang telah lama mati, yang ulah lama meredup atau pun yang belum ada untuk dilahirkan amal usahanya.

Dengan cara saling berkunjung, studi banding dan silaturahmi ilmu dan sebagiannya untuk bisa meniru, mengadopsi dan melakukan minimal sama atau dimodifikasi sedikit berbeda dengan yang suda ada.

Semua itu juga bagian dari amanah struktural pimpinan yang harus dijalani dengan baik, agar tidak hanya sekedar menjadi Muhammadiyah formalitas bersifat administrasi dan laporan tertulis yang masih belum maksimal.

Bukan berarti menyalahkan, disalahkan atau saling menuding kesalahan, akan tetapi sebagai bentuk cinta kasih bermuhammadiyah demi kemajuan bersama yang nantinya juga bermanfaat untuk semuanya karena menjadi kebanggaan bersama bilamana sukses bermuhammadiyah di daerah, cabang dan ranting tersebut.

Mari bangun semangat optimis yang tinggi, gairah berorganisasi yang nyata dan ghiroh membangun amal usaha Muhammadiyah lebih banyak lagi.

Bisa dimulai dari hal yang kecil dan sederhana, sampai akhirnya nanti menjadi besar lagi banyak sebagai Muhammadiyah untuk semua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini