Membentuk Karakter Melalui Doa
foto: funeralwise.
UM Surabaya

*) Oleh: Masro’in Assafani, MA,
Wakil Ketua PDM Lamongan

Kalau mau mencermati dengan mendalam, doa- doa Rasulullah sangatlah menakjubkan, sangatlah menghunjam dalam relung jiwa. Dan bila dihayati akan membentuk sebuah karakter dalam kepribadian hidup.

Karakter bisa di kata sebuah kebiasaan atau tipe sikap yang dominan pada seseorang, mungkin juga di sebut dengan watak seseorang.

Watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. (Wikipedia)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karakteristik adalah tanda, ciri, atau fitur yang bisa digunakan sebagai identifikasi. Karakteristik juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang bisa membedakan satu hal dengan lainnya.

Semisal, ketika kamu memperhatikan lingkungan sekitarmu, pasti banyak sekali karakteristik yang berbeda. Perbedaan ciri dan kekhasan itu disebut karakteristik.

Maka di sini penulis mencoba mengambil dari sebuah doa, dan dari doa tersebut akan memberi dampak pada diri seseorang atau karakternya. Di antaranya doa yang begitu singkat namun mencakup beberapa hal, di antaranya berikut ini.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Dari Abdullah, dari Nabi Muhammad saw bahwa beliau membaca doa: ‘Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, kelembutan dan kekayaan’.” Shahih: Takhrij Fiqh As-Sirah (481)

Kandungan Doa

‘Ya Allah, aku memohon kepada-Mu;
1. Petunjuk
2. Ketakwaan
3. Kelembutan dan
4. Kekayaan’.”

Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil di dalam doa:

a. Dengan doa ini ada harapan yang sangat besar bagi yang berdoa, manusia yang senantiasa mendapat petunjuk hidupnya menjadi terarah yang senantiasa dalam cahaya iman

b. Juga dalam penjagaan Allah yaitu ketakwaan, dengan do’a ini akan meningkatkan nilai ketakwaan bagi yang berdoa

c. Dengan doa ini yang berdo’a skan memiliki karakter sebagai insan yang berbudi lembut, tidak gampan marah, ataupun tersulut emosi, hingga berkepribadian lembut.

d. Menjadi kaya hati kaya materi yang terpadu dari kelembutan jiwa dan kekayaan di sini adalah kekayaan orang-orang yang mendapat binaan Allah SWT, di sinilah terkumpul sebagai insan yang welas asih.

Mutiara Kata

Petunjuk Allah adalah cahaya di tengah kegelapan, orang yang mendapat petunjuk bagaikan berjalan yang selalu aman hingga tujuan. (penulis)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Semoga manfaat. Aamiin. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini