UM Surabaya

Dan jika seseorang begitu keras kepala, Tuhan dapat memberi kompensasi kepada mereka atas apa pun yang telah hilang dan orang yang telah kita rugikan.

Allah berkenan mengampuni kita tetapi secara umum, namun Tuhan tidak akan mengampuni kita begitu saja.

Katakanlah, ketika kita telah menyakiti manusia sebagai makhluk-Nya, kita harus berbuat baik kepada mereka itu terlebih dahulu.

Hal demikian juga tercermin dalam Alkitab, saat Yesus berkata, “Jika Anda membawa hadiah Anda ke altar, tetapi Anda ingat bahwa Anda telah menyakiti seseorang, pergilah dan berdamailah dengan saudaramu terlebih dahulu, lalu kembalilah, dan persembahkan hadiahmu ke altar, karena seolah-olah hadiah itu tidak akan diterima sampai engkau berdamai dengan sesamamu”.

Jadi dengan cara yang sama, kita diajarkan sebagai Muslim, bahwa Anda harus berdamai dengan manusia, memperbaiki keadaan dengan mereka, dan kemudian meminta ampunan dari Allah.

Katakanlah ada seseorang yang rajin salat, puasa, dan melakukan semua itu tetapi ada yang kurang, dalam hal semangat ibadahnya. Bagaimana mereka sampai pada tahap di mana mereka merangkul semuanya, dan menjadi orang yang lebih baik?

Jawabannya adalah fokus. Saat Anda membaca Al-Qur`an, bacalah Al-Qur`an, pahami maknanya. Pikirkan tentang bagaimana menerapkannya dalam hidup Anda.

Pikirkan tentang siapa Tuhan itu, dan apa yang Tuhan inginkan dari kita. Ada gagasan meniru Tuhan yang ada dalam agama Kristen, dan dalam Islam juga ada. Kita ingin ‘seperti’ Tuhan.

Dan Tuhan Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, dan Tuhan bertanya kepada kita dalam Al-Qur’an: “Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS 24:22)

Bila kita ingin agar Tuhan mengampuni kita, kita harus memaafkan orang lain. Sebanyak kita berharap agar Tuhan berbelas kasih kepada kita, maka sebanyak itu juga kita harus berbelas kasih kepada orang lain.

Sebanyak kita tidak ingin Tuhan melakukan ketidakadilan terhadap kita, atau siapa pun melakukan ketidakadilan terhadap kita, kita juga harus berbelas kasih dan baik hati kepada orang lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini