Harga Sebuah Kepercayaan
foto: getty images
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“The price of trust is equal to self-esteem, destroying it is like sowing dirt on your head.”

(Harga sebuah kepercayaan itu setara dengan harga diri, merusaknya sama seperti menabur tanah di atas kepala)”

Harga sebuah kepercayaan dalam Islam sangatlah tinggi. Ini dapat dilihat dari beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang menekankan pentingnya kepercayaan dan keamanan.

Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya:

إِنَّ ٱللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤَدُّوا۟ ٱلْأَمَٰنَٰتِ إِلَىٰٓ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ ٱلنَّاسِ أَن تَحْكُمُوا۟ بِٱلْعَدْلِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُم بِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ سَمِيعًۢا بَصِيرًا

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. An-Nisa’:58)

Ayat di atas menegaskan bahwa orang yang diberikan amanat harus menghargai kepercayaan tersebut dan memenuhi amanat itu dengan baik.

Dari ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa kepercayaan memiliki nilai yang sangat tinggi dalam Islam.

Apa pun amanat yang diberikan, harus dijaga dengan baik dan tidak boleh mengkhianatinya.

Sebab, jika seseorang mengkhianati kepercayaan yang diberikan, maka orang tersebut tidak lagi dipercayai dan sudah kehilangan kepercayaan orang lain.

Demikianlah, pentingnya menjaga kepercayaan dalam Islam dan besarnya harganya. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, kita harus selalu menjaga amanat yang diberikan dan memenuhinya dengan sebaik-baiknya.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini