Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah Digelar di UMS, Agustus 2024
Pengurus MPI PP bertemu Rektor UMS Sofyan Anif. foto: ist
UM Surabaya

Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), 10-11 Agustus 2024 mendatang. Sedikitnya 200 pegiat pers dan literasi Muhammadiyah se-Indonesia akan hadir dalam kegiatan tersebut.

Jumat (19/7/2024), beberapa pengurus Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah bertemu Rektor UMS) Prof. Sofyan Anif di ruang kerjanya. Mereka, Roni Tabroni (wakil ketua bidang pengembangan media dan jurnalistik) dan Wiwied Widyastuti (wakil ketua bidang kearsipan dan museum).

Wiwied Widyastuti mengungkapkan, akan ada lima komunitas yang hadir di festival tersebut.

“Kelima komunitas itu ialah komunitas taman pustaka Muhammadiyah, LBSO Aisyiyah, media afiliasimu, penerbit Muhammadiyah dan MPI PWM Se Indonesia. “Pembukaannya bareng, setelah itu ada acara masing-masing,” ungkap cicit KH Ahmad Dahlan ini.

Dia lalu menjelaskan, kegiatan masing-masing komunitas di antaranya kongres serikat taman pustaka, jambore media afiliasi Muhammadiyah, dan hari dongeng Aisyiyah.

Sofyan Anif menyatakan kesiapannya menyambut peserta Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah.

“Kami mempersilakan menggunakan Edutorium bila peserta membludak,” ujarnya

Sofyan juga menyampaikan apresiasi atas keberadaan media afiliasimu. “Perlu disinergikan agar mampu mengelola isu yang berguna untuk persyarikatan,” sarannya.

Sofyan lalu mengingatkan keberhasilan Muktamar Muhammadiyah di Solo kemarin salah satunya atas peran pemberitaan yang intensif dari rekan-rekan media afiliasimu.
“Kami berterima kasih atas pemberitaan-pemberitaan muktamar lalu,” cetus dia.

Roni Tabroni mengamini yang disampaikan Sofyan Anif. “Secara kuantitas jumlah media afiliasimu terus bertambah, di jambore media afiliasimu kali ini akan dirumuskan peningkatan kualitas kelembagaan dan jurnalisnya agar mampu meningkatkan branding persyarikatan di dunia Maya,” terang dosen Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung itu.

Dia juga menyampaikan, venue jambore di kampus UMS, Pesantren Mahasiswa UMS, dan Edutorium. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini