Belajar Kelola Masjid, PCM Ujungpangkah Audiensi ke Majelis Tabligh PWM Jatim
Perwakilan PCM Ujungpangkah bertemu pimpinan Majelis Tabligh PWM Jatim. foto: fimas maulana/majelistabligh.id
UM Surabaya

Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ujungpangkah, Gresik melakukan audiensi dengan Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim, Jumat (19/7/2024).

Perwakilan PCM Ujungpanglah diwakili Sudjarwo (Wakil Ketua Bidang Tabligh), Achmad Junaidi (ketua Majalis Tabligh), dan 2 personalia, Nuril dan Muis.

Rombongan PCM disambut ketua Majelis Tabligh PWM Jatim Abdul Basith, Lc., MPdI.

“Selain silaturrahim, kami juga ingin ngangsu kaweruh tentang strategi memakmurkan masjid. Karena kami di jenjang Persyarikatan tingkat bawah ini ada perasaan bahwa takmir masjid tidak tersentuh pembinaan melalui kegiatan-kegiatan turun ke bawah,” tutur Sudjarwo.

Dia lalu menyampaikan tentang masalah keadministrasian takmir masjid. Yaitu, terkait kewenangan pengangkatan takmir masjid, apakah berada di PRM ataukah di PCM, serta periodesasinya.

Persoalan kemasjidan juga diungkap oleh Achmad Junaidi. Menurut dia, masjid Muhammadiyah di ranting seolah-olah berdiri sendiri, jauh dari pembinaan.

Belajar Kelola Masjid, PCM Ujungpangkah Audiensi ke Majelis Tabligh PWM Jatim
fofo: fimas maulana/majelistabligh.id

“Dampaknya, terkadang takmir masjid merasa lebih berkuasa daripada Persyarikatan di tingkatnya. Sehingga ketika PRM dan PCM masuk untuk mengetahui pengelolaan termasuk keuangan, takmir tidak kooperatif,” ungkapnya.

Terkait program pembinaan ideologi Muhammadiyah, sambung Junaidi, di PCM Ujungpangkah telah berjalan dengan baik melalui kajian-kajian rutin baik tingkat PRM maupun PCM.

“Kegiatannya dengan bergilir anjangsana dari satu PRM ke PRM lainnya.” kata Junaidi.

Menanggapi kunjungan tersebut, Abdul Basith menjelaskan, di persyarikatan telah tersusun panduan pengelolaan masjid/mushala Muhammadiyah, dan telah berulang kali disosialisasikan panduan itu.

“Panduannya juga telah dicetak dan dibagikan kepada PDM Se-Jawa Timur, terutama pada saat kegiatan Rapat Kerja tingkat Wilayah,” papar Abdul Basith.

Setelah pemaparan panduan pengelolaan masjid/mushala Muhammadiyah di Jawa Timur, Basith mewakili Majelis Tabligh PWM, menyerahkan buku panduan kepada rombongan PCM tersebut. (afifun nidlom)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini