Policy Brief PKM RSH UMY : Lindungi Anak dari Bentuk Komersialisasi dan Eksploitasi di Media  
Tim PKM RSH Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
UM Surabaya

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM RSH) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menyerahkan policy brief berjudul “Melindungi Anak-Anak dari Bahaya Komersialisasi dan Eksploitasi di Media” kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Yogyakarta, Jumat  (19/07/2024).

Tim diketuai oleh Nastiti Dyah Lestari beranggotakan Dewi Ayu Indahsari, Ilham Aji Ramadhan, Aliya Rica Khasanah, dan Alya Zhurifa dengan dosen pendamping Filosa Gita Sukmono

Policy brief ini merupakan hasil riset dalam hibah program kreativitas mahasiswa skema riset sosial humaniora dengan judul “Komersialisasi Kidfluencers: Kajian Sosiokultural Fenomena Konten Kreator Anak di Tikok”. Policy brief ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi kebijakan yang efektif dalam melindungi anak-anak dari berbagai bentuk komersialisasi dan eksploitasi di media.

Policy brief yang tim kami susun ini merupakan hasil dari riset yang telah kami lakukan selama kurang lebih dua bulan ini yang mana ini menjadi salah satu luaran tambahan dari kegiatan PKM riset kami dan kami berharap dengan adanya penyerahan policy brief yang telah kami susun dapat menjadi manfaat dan bisa menjadi diskursus baru bagi lembaga pemerintahan yang terkait,” tutur Dewi, selaku koordinator pembuatan policy brief.

Hari Muryanto selaku komisioner bidang advokasi dan sosialisasi KPAID Kota Yogyakarta, menyambut baik penyerahan policy brief ini dan menjadi masukan berharga dalam upaya KPAI untuk meningkatkan perlindungan anak dan menyatakan komitmen KPAI dalam melindungi hak-hak anak dari berbagai bentuk eksploitasi dan komersialisasi.

“Terima kasih atas policy brief yang telah diberikan, Kami sangat terbantu karena policy brief ini diniatkan untuk melihat adanya fenomena anak-anak kita yang menjadi kidfluencers itu semoga terlindungi identitasnya dan kemudian terpenuhi hak-haknya. Dengan policy brief ini kami juga mendapatkankan materi untuk bahan diskusi, ini juga akan kami sampaikan ke rekan-rekan komisi perlindungan anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke agar membantu juga advokasi perlindungan anak dalam bentuk anak kidfluencers,” ujar Hari.

Nastiti selaku ketua tim ini mengungkapkan bahwa selain melakukan penyerahan policy brief ke KPAI Daerah Kota Yogyakarta, Tim kidfluencers PKM RSH UMY juga mengirimkan policy brief ini ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

“Kami juga policy brief ini ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Kami berharap langkah ini dapat memperluas jangkauan perlindungan anak dari bahaya komersialisasi dan eksploitasi di media, sehingga semakin banyak pihak yang terlibat dalam upaya melindungi hak-hak anak di Indonesia sesuai dengan salah satu rekomendasi yang ada dalam policy brief ini yaitu kolaborasi multi-stakeholder,” ungkap Nastiti.

Dengan adanya penyerahan policy brief ini, diharapkan sinergi multi-stakeholder semakin kuat dalam melindungi hak-hak anak di Indonesia, khususnya dalam menghadapi tantangan yang muncul dari perkembangan media dan teknologi digital. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini