Tuhan Selalu Ada untuk Kita
foto: adobestock
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah(KMM) PDM Jombang

“When God is in control, your steps will never go wrong and your life will always be blessed”

(Saat Tuhan yang pegang kendali, langkahmu tidak akan pernah salah dan hidupmu akan selalu diberkati)

Tuhan adalah sumber kekuatan dan cinta bagi kita semua. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا (٩)
وَجَعَلْنَاالَّيْلَ لِبَاسًا(١٠)
وَجَعَلْنَا النَّهَارَمَعَاشًا(١١)

“Dan Kami jadikan kekuatanmu dan tidurmu sebagai istirahat(9), dan Kami jadikan malam sebagai pakaian(10), dan Kami jadikan siang untuk mencari nafkah(11).” (Qs. An-Naba’:9-11)

Dari ayat di atas, kita dapat melihat bahwa Allah selalu memberikan kekuatan dan istirahat bagi kita, serta memberikan waktu siang dan malam agar kita dapat mencari nafkah. Allah selalu hadir untuk kita dalam segala keadaan, baik di saat senang maupun sedih.

Tidak hanya itu, dalam Al-Qur’an, Allah juga mengatakan bahwa Dia selalu mendengar doa kita dan siap membantu kita ketika kita membutuhkan-Nya. Sebagaimana dalam firman-Nya:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”(Qs. Al-Baqarah:186)

Dari ayat di atas, kita dapat memahami bahwa Allah selalu mendengar doa kita dan siap membantu kita apabila kita memohon kepada-Nya dengan tulus dan ikhlas. Kita hanya perlu percaya dan bergantung pada-Nya dalam segala hal.

Jadi Allah selalu hadir untuk kita di dalam hidup kita, memberikan kekuatan dan membantu kita dalam segala keadaan. Oleh karena itu, mari kita selalu mengandalkan-Nya dan percaya pada-Nya di setiap langkah hidup kita.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini