Lolos Hibah Kemendikbud Ristek, Dosen Umsida Bikin 5 Proyek Budaya
Salah satu budaya asli Sidoarjo. foto: umsida
UM Surabaya

Sidoarjo memiliki banyak budaya yang bisa dikembangkan, namun data-data terkait hal tersebut sudah mulai hilang. Berkat hibah BIMA Kemendikbud Ristek, dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) akan menggali kembali budaya dan tradisi tersebut.

Para dosen tersebut adaah Dr Vidya Mandarani MHum bersama rekan setimnya, Ali Akbar ST MT (Teknik Mesin), Detak Prapanca SE MM (Manajemen), dan Raras Hafiidha Sari MHum (Universitas Hasyim Asyari Jombang). Mereka lolos hibah ini dalam skema pemberdayaan wilayah.

“Jadi nanti pengabdian kami bergerak di bidang sains techno park, yaitu mengeksplor kebudayaan Sidoarjo untuk mengangkat sektor ekonomi lokal,” ungkap dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) itu.

Lalu, apa saja yang akan diulik oleh para dosen tersebut? Berikut ulasannya.

1. Memperkenalkan tembang macapat

Pada pelaksanaan hibah tahun lalu, Umsida berhasil mendaftarkan HKI tembang Macapat Kinanthi dan Asmorodono. Dan pada tahun kedua ini mereka kembali akan mendaftarkan tembang macapat Pocung, Mijil, dan Gambuh. Tak hanya HKI, tapi nantinya tembang-temabng tersebut akan diajukan kepada pihak kementerian sebagai warisan budaya tak benda.

“Jika tahun lalu kita berhasil menggandeng 1.000 warga Sidoarjo untuk Nembang Macapat bersama-sama, maka tahun ini kita akan menargetkan sebanyak 1500 hingga 1700 peserta dari SMP dan SMK 10 Nopember Sidoarjo yang tengah kami latih,” ujar pegiat literasi tersebut.

Mengapa hanya satu sekolah? Konsep itu memang sengaja dibuat berbeda dari tahun lalu yang menggandeng perwakilan sekolah-sekolah. Tahun ini Dr Vidya memilih 10 Nopember sebagai contoh sekolah lain, terlebih pada anak-anak muda agar bisa nembang Macapat Gagrak Sidoarjo.

2. Festival budaya

Sebenarnya di pengabdian masyarakat ini tak hanya mengenai pengenalan dan pelatihan tembang macapat Sidoarjo-an saja, tetapi seluruh kebudayaan yang ada di Sidoarjo.

Beberapa bulan lagi tepatnya pada bulan September, akan diadakan Festival Seni Munali Patah di desa Banjarkemantren. Lalu pada bulan Oktober, juga akan digelar Festival Bandeng Asap.

“Jadi tak hanya kebudayaannya saja, tapi di melalui pelestarian budaya tersebut kita juga mengangkat perekonomian warga Sidoarjo melalui kegiatan budaya” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini