Pahala yang Sempurna Tanpa Batas
foto: seekersguidance.
UM Surabaya

*) Oleh: Masro’in Assafani, MA
Wakil Ketua PDM Lamongan

Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan perintah kepada nabi Muhammad agar menyuarakan atau menyerukan kepada orang-orang beriman, agar bertakwa kepada Alllah SWT.

Karena ketakwaan inilah kemuliaan bagi umat manusia. Dengan takwa akan melahirkan kebaikan-kebaikan di muka bumi ini.

Bahwasannya orang yang menanam kebaikan akan memanen buah yang manis. Berbaik hati kepada sesama akan mendapatkan kebaikan, walau belum mungkin orang yang kita baiki membalas dengan kebaikan, kadang bisa jadi menyakiti hati kita. Nah inilah kemudian kita harus tetap bersabar.

Adapun berbuat baik kepada siapa pun dengan ketulusan, dengan demikian Allah akan membalas kebaikan kita dengan kebaikan yang berlipat ganda.

Di samping kebaikan yang sudah pasti di jamin balasan dunia akhirat dengan baik, maka iringilah dengan kesabaran, karena kesabaran inilah yang merupakan pahala tanpa batas, dan semoga kita mendapat anugerah itu semua.

Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan, di dunia ini akan memperoleh kebaikan yang di tanamnya.

Dan bumi Allah itu di gelar dengan sangat luas. Hanya orang-orang yang sabar bisa diibaratkan sebagaimana bumi yang luas.

Hatinya terbentang lebar bak daratan terbentang, bahkan bak samudera yang seakan tak bertepi, dan hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.

Wahyu Allah SWT :

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۗ لِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَاَرْضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ ۗ اِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Katakanlah (Muhammad), Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu. Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan Bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (QS. Az-Zumar 39: Ayat 10)

Kandungan Ayat

1. Seruan Iman: “Katakanlah (Muhammad), Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman!”

2. Perintah takwa: “Bertakwalah kepada Tuhanmu.”

3. Orang-orang baik: “Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan.”

4. Bumi Allah: “Dan Bumi Allah itu luas.”

5. Pahala yang sempurna tanpa batas: “Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.”

Ibrah yaitu pelajaran yang bisa diambil:

Iman, takwa, orang yang baik, luasnya bumi Allah, gambaran luasnya kesabaran menuai pahala sempurna tanpa batas. Maka berbahagialah orang-orang yang sabar.

Catatan

1. Sabar adalah pribadi yang berat, namun paling tidak kita sebagai orang yang tidak mudah marah atau emosional.

2. Alangkah besarnya nilai kesabaran di dalam ayat ini, hingga Allah memberi jaminan pahala yang sempurna tanpa batas.

3. Hamba Allah yang penyabar. Sebagai uswah, Allah memberi contoh lima rasul yang dikenal dengan gelar “Ululul Azmi” yaitu ; Nabi Nuh As, Kholilullah Nabi Ibrahim As, Nabi Musa As, Nabi Isa As dan Nabi Muhammad saw.

Renungan

Bila kita renungkan dengan dalam, mengapa begitu besar jaminan pahala kesabaran, karena sabar adalah pribadi yang amat berat, beruntunglah orang-orang yang penyabar, dan hanya Allah-lah As-Shabùr (Yang Maha Sabar).

Semoga kita termasuk golongan orang-orang sabar (utamanya penulis), dalam ampunan, berkah serta rahmat Allah SWT. Aamiin. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini