UM Surabaya

Seorang hamba yang menjaga diri dari hal-hal yang buruk dengan menjalankan perbuatan mulia, maka Allah akan menjaga dan melindungi dari kehinaan. Godaan besar yang dialami Nabi Yusuf bisa menjadi referensi bagaimana penjagaan dan pertolongan Allah atas hamba-Nya yang berjalan di atas ketaatan.

Allah melindungi Nabi Yusuf dari perbuatan hina dan nista sehingga terhindar dari kekejian yang akan merusak reputasinya. Hal ini ditegaskan Al-Qur’an sebagaimana firman-Nya :

وَلَـقَدْ هَمَّتْ بِهٖ ۙ وَهَمَّ بِهَا ۚ لَوْلَاۤ اَنْ رَّاٰ بُرْهَا نَ رَبِّهٖ ۗ كَذٰلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّۤوْءَ وَا لْـفَحْشَآءَ ۗ اِنَّهٗ مِنْ عِبَا دِنَا الْمُخْلَصِيْن

“Dan sungguh, perempuan itu telah berkehendak kepadanya (Yusuf). Dan Yusuf pun berkehendak kepadanya, sekiranya dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, Kami palingkan darinya keburukan dan kekejian. Sungguh, dia (Yusuf) termasuk hamba Kami yang terpilih.” (QS. Yusuf :  24)

Sebagai manusia normal, Nabi Yusuf memiliki keinginan (syahwat) terhadap lawan jenis. Perempuan yang menggoda tinggal di lingkungan istana dengan perawatan dan tampilan yang rupawan. Tentu hal ini sangat menggoda laki-laki normal. Namun Allah menjaganya dengan memalingkannya dari perbuatan keji dan menjijikkan itu. Betapa tidak keji dan menjijikkan karena Nabi Yusuf tinggal dan dibesarkan oleh seseorang yang sangat memiliki jasa besar. Bilamana terjadi perzinaan, maka Nabi Yusuf melakukan pengkhianatan terhadap majikan serta pelanggaran kepada Allah.

Namun penjagaan Allah telah menyelamatkan sehingga beliau tidak lalai terhadap kenikmatan sesaat. Karena penjagaan Allah itulah, maka karier Nabi Yusuf melesat hingga dipercaya sebagai orang penting dan berpengaruh di negeri Mesir. Bahkan beliau diangkat menjadi raja yang memiliki pengaruh besar terhadap kesejahteraan rakyatnya dan negara-negara lain.

Penyandaran secara total kepada Allah inilah yang melahirkan penjagaan Allah kepada Nabi Yusuf, hingga menjadi pemimpin yang memiliki reputasi yang tinggi dan mulia. (*)

Surabaya, 24 Juli 2024

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

Totalitas Penyandaran, Penjagaan Allah,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini