Dukung Dakwah Global, Muhammadiyah Kirim Puluhan Kader Hafiz Studi ke Libya
foto: ist
UM Surabaya

Guna mematangkan strategi dakwah global, Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dengan Akhyar Institut kerja sama memberangkatkan kader tablig studi lanjut ke Libya.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Tabligh PP MuhammadiyahmFathurrahman Kamal dalam Pembukaan Konsolidasi Strategi Dakwah Muhammadiyah di Sofyan Hotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).

“Ini bagian dari kerja sama global kita, saat ini ada 27 kader kita yang semuanya hafizul qur’an dan saat ini sedang menempuh pendidikan di Libya,” kata Fathurrahman Kamal.

Melalui kerja sama global yang dibangun oleh Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Ustaz Adi Hidayat, saat ini akan diberangkatkan lima kader Muhammadiyah untuk studi lanjut magister di Libya.

Fathurrahman Kamal menyampaikan, di antara syarat untuk bisa dipilih masuk dalam program kaderisasi tablig global minimal memiliki hafalan Al Qur’an 15 dan 17 juz, memiliki kemampuan Bahasa Arab yang fasih, serta memiliki kemampuan menulis.

Dakwah global yang dilakukan oleh Majelis Tabligh PP Muhammadiyah juga merespon persoalan kemanusiaan, termasuk masalah genosida yang terjadi di Palestina. Menurut Fathur, masalah Palestina menjadi kesempatan untuk bersatunya umat Islam di dunia.

“Untuk merasakan penderitaan Palestina itu tidak perlu kecerdasan yang mendalam, tidak perlu berjabatan tinggi, hanya perlu menjadi manusia yang normal. Palestina ini juga bagian dari pada dakwah global kita,” katanya.

Lebih-lebih bagi Muhammadiyah, membela Rakyat Palestina tidak hanya sebagai amanat keimanan, tapi juga amanah kemanusiaan yang dimandatkan oleh sejarah. Muhammadiyah sejak lama telah berada pada posisi membela Rakyat Palestina.

Fathurrahman menyebut salah satu tokoh Muhammadiyah berkiprah untuk kemerdekaan Rakyat Palestina adalah KH. Kahar Muzakir. Diplomasi yang dilakukan oleh tokoh Muhammadiyah ini untuk mendapatkan kemanusiaan yang otentik bagi Rakyat Palestina. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini