UM Surabaya

Renungan

Surat tersebut di atas merupakan surat ke 9 ayat 18, ayat ini berisi tentang “Memakmurkan masjid”, penulis mengucap tasbih berkali-kali (سبحان الله).

*Semoga ini karena tauhid kita bahwa Allah mengatur kehidupan sampai pada letak posisi surat dan ayat merupakan garis atur Allah SWT.*

Allah Pengatur Waktu

Dari detik ke menit, menit ke jam, jam ke hari, hari ke bulan, bulan ke tahun, dari pendekatan ini kita sadar bahwa semua lingkaran kehidupan ini merupakan ukuran yang menjadi hak Allah yang Maha Kuasa.

Wahyu Allah SWT:

وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۗ كُلٌّ فِيْ فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS. Al-Anbiya 21: Ayat 33)

Penulis mengingat bahwa tanggal 9 Februari 2018 jatuh pada hari Jumat.

Hari Jumat merupakan hari mulia, menjadi daya nalar yang berhubungan dengan “Gerakan Memakmurkan Masjid Muhammadiyah”.

Ternyata dalam renungan yang saling berpadu menemukan bahwa: QS. At Taubah adalah surat ke 9 dan ayat memakmurkan masjid jatuh pada ayat ke 18, dan pada kalimat “مساجد الله” berjumlah 9 huruf. Paduan dalam berpikir, Apa ini suatu kebetulan?

Penulis menjawab dalam hati, “Allah mengatur sesuatu dengan peraturan yang sempurna. dan semuanya diposisikan dengan tepat sesuai garis atur masing-masing.

Wahyu Allah SWT:

اِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنٰهُ بِقَدَرٍ

“Sungguh, Kami 1menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.” (QS. Al-Qamar 54: Ayat 49)

Pada ayat ini Allah menyatakan langsung bahwa semua yang diciptakan menurut ukuran (ketentuan Allah SWT).

Kesimpulan

Gerakan Memakmurkan Masjid adalah kehendak yang sudah menjadi rumus Allah SWT. Lalu apabila dijadikan bilangan angka sebagai berikut:

QS. At-Taubah ayat ke 18, Allah menentukan d idalam peredaran tahun ada tahun 2018. lengkapnya ada tanggal 9 bulan 2 tahun 2018. sedangkan pada kalimat مساجد الله berjumlah 9 huruf.

Rumus ; 9×2=18=1+8=9
Bila kita cermati kembali bahwa QS. At Taubat/9 : 18 ini terletak pada halaman kanan (Al-Quran cetakan setandar 15 baris), terletak pada baris ke 9, selanjutnya tanggal 9 bulan 2 tahun 2018 ini jatuh pada hari Jumat. Hari berkumpulnya kaum muslimin melaksanakan salat Jumat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini