Diklat Mubaligh Muda Muhammadiyah, Peserta Mendapatkan Pengalaman Luar Biasa
PDM Gresik sukses menggelar Diklat Mubaligh Muda Muhammadiyah.
UM Surabaya

Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik sukses menggelar Diklat Mubaligh Muda Muhammadiyah selama tiga hari, Jumat hingga Ahad (26-28/7/2024).

Kegiatan yang diadakan di Pondok Modern Muhammadiyah Paciran Lamongan tersebut mendapat respons positif dari para peserta yang berasal dari sembilan belas cabang, yakni Panceng, Ujungpangkah, Sidayu, Dukun, Bungah, Manyar, Gresik, Kebomas, Gresik Kota Baru (GKB), Duduksampeyan, Cerme, Benjeng, Balongpanggang, Menganti, Driyorejo, Wringinanom, Kedamean, Sangkapura, dan tambak.

Abdullah Harits, mubaligh muda utusan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Benjeng mengaku gembira mengikuti pelatihan AMM ini.

“Ini sungguh pengalaman yang luar biasa. Di mana saya bisa belajar dan mendalami ilmu dakwah serta memperkuat iman saya,” ujarnya.

Kata harits, kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga kesempatan untuk praktik langsung. Di sisi lain dengan penyambutan yang luar biasa mulai dari konsumsi yang di luar ekspektasi, tempat yang nyaman, dan pemateri yang luar biasa.

Harits mengucapkan terima kasih kepada Majelis Tabligh PDM Gresik yang telah mengadakan program Diklat Mubaligh Muda Muhammadiyah yang sangat bermanfaat ini.

Baca juga: Majelis Tabligh Gresik Gelar Diklat Mubaligh Muda di Ponpes Modern Muhammadiyah Paciran

“Semoga setelah mengikuti kegiatan ini lebih siap dan percaya diri untuk menyebarkan pesan-pesan Islam dengan penuh hikmah dan kebijaksanaan, insya Allah,” ucap Harits.

Hal yang sama disampaikan Jullyo Fredi Bobid, delegasi PCM Balongpanggang.

“Alhamdulillah, saya mendapat banyak sekali pelajaran penting ketika saya mengikuti acara Diklat Mubaligh Muda Muhammadiyah ini,” tutur dia.

Bobid, sapaan akrabnya, merasa senang bertemu dengan para ustaz dari beberapa narasumber. Hal ini menjadi pengalaman penting baginya untuk pengembangan diri.

“Tidak ada kesan buruk yang didapatkan, namun banyak kesan yang kami terima. Mulai dari ilmu yang disampaikan oleh beberapa narasumber, fasilitas yang kami manfaatkan, dan pelayanan panitia terhadap kami. Banyak juga pelajaran yang bisa diambil, tidak hanya teori yang kami dapatkan, namun praktik yang kami lakukan sebagai implementasi untuk kedepannya. Dan ini menjadi kebanggaan saya karena bisa dipilih oleh PCM Balongpanggang,” ujarnya.

Ikliluddin Akmal, utusan PCM Kedamean menyatakan kegiatan Diklat Mubaligh Muda Muhammadiyah ini memberikan kesan mendalam baginya.

“Kita di sini benar-benar diberikan materi wawasan yang sangat penting untuk kita pahami sebagai bekal untuk berdakwah. Di Kegiatan yang istimewa untuk saya dikarenakan mungkin ini baru untuk saya tetapi ini adalah salah satu pengalaman yang tidak akan saya lupakan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Majelis Tabligh PDM Gresik Ustaz Badrus Sholeh menyampaikan, Diklat Mubaligh Muda Muhammadiyah adalah ruang pembekalan dan penggemblengan kader-kader mubaligh muda dengan materi-materi yang sangat diperlukan dalam membangun kualitas mereka.

Diklat Mubaligh Muda Muhammdiyah ini pasti ada kelanjutan. Sehingga tidak terputus dan hilang keluar dari sini.

Berbeda dengan Wakil Ketua Koordinator Majelis Tabligh dan Tajdied Centre serta Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah. H Anas Thohir SAg MPdI. Ia mengingatkan adanya potensi godaan bagi mubaligh setelah berusia 40 tahun ke atas.

“Untuk calon mubaligh muda kami harap untuk berhati-hati ketika nantinya sudah menjadi mubaligh lebih-lebih berumur 40 ke atas karena banyak godaan yang akan dihadapi. Mulai dari harta, wanita, tahta, dan yang lainnya,” ujarnya.

Majelis Tabligh PDM Gresik mengingatkan agar mubaligh muda Muhammdiyah Gresik 2024 berkomitmen, “Siap menjadi mubaligh Muhammadiyah yang istiqomah, berakhlak karimah dan terus belajar.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat dari PDM Gresik 2024 kepada masing-masing peserta.  (muhammad jamaluddin)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini