Madtsamuda Paciran Sosialisasikan International Class Programme, Kerjasama Cambridge Asesmen of Education
Madtsamuda Karangasem saat menyosialisasikan International Class Programme. foto: ist
UM Surabaya

Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Karangasem, Paciran, Lamongan mensosialisasikan International Class Programme (ICP) yang bekerja sama dengan Cambridge Asesmen Of Education.

Program tersebut disampaikan oleh Kepala Madtsamuda, Millazul Faida, saat mengadakan pertemuan dengan wali murid baru, Ahad (28/7/2024) di Aula Kiyai Haji M. Jasin Syamsuri, Panti Asuhan Muhammadiyah Karangasem. Pertemuan dengan agenda mensosialisasikan program dan kebijakan sekolah.

Program Kelas Internasional ini kata dia, mengadopsi kurikulum Cambridge yang terkenal dengan pendekatan pendidikan yang komprehensif dan inovatif.

“Kami perlu menginformasikan kepada wali murid kelas VII terkait dengan program pendidikan yang akan kami sampaikan kepada putra-putrinya,”ungkapnya.

Millazul Faida menjelaskan, kerjasama dengan Cambridge Asesmen Of Educational dalam program ICP telah berjalan 6 tahun dan merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Madtsamuda.

“Peserta didik yang mengikuti program ICP ini dalam proses pembelajaran menggunakan bahasa Inggris kecuali mata pelajaran tertentu yang tidak bisa dibahasa Inggriskan,”terngnya.

Dirinya menambahkan, selain menyediakan kurikulum internasional, Madtsamuda akan melengkapi program ini dengan fasilitas pendidikan yang memadai dan pelatihan khusus bagi para guru.

Selain itu, dalam pembelajarannya menggunakan IT, semua peserta didik dibekali laptop dan mendapatkan kesempatan untuk belajar mata pelajaran dengan standar internasional serta mengikuti ujian yang diakui secara global.

“Kami akan memastikan bahwa para guru kami mendapatkan pelatihan dan sertifikasi yang diperlukan untuk mengajar di Program Kelas Internasional ini. Kami ingin memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-siswa kami,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan program kelas lain dengan unggulannya masing-masing, antara lain Information of Teknology Class Program. Keunggulan kelas ini pembelajarannya berbasis IT.

“Dalam proses pembelajaran, peserta didik sudah tidak banyak menulis karena berbasis IT, mereka juga diajarkan berbagai program digital sesuai dengan kurikulum yang dikeluarkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang, karena kelas ini berkerja sama dengan UM Malang,”ujarnya.

Di samping itu, ada juga program kelas yang disebut Arabic Class Program (ACP). Untuk program ini, Madtsamuda bekerja sama dengan Ma’had Ali bik Abi Thalib Surabaya. Rata-rata pembelajarannya menggunakan Bahasa Arab.

Program berikutnya adalah kelas reguler. Untuk program ini menggunakan kurikulum nasional, Muhammadiyah dan kepesantrenan.

Dengan berbagai program kelas ini, Madrasah binaan Pondok Pesantren Karangasen ini berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak generasi muda yang berakhlak, berpengetahuan luas serta unggul dan berdaya saing tinggi di kancah nasional maupun internasional.

Sosialisasi yang dihadiri oleh para wali murid baru ini berlangsung dengan antusiasme tinggi. Para orang tua tampak bersemangat untuk mengetahui lebih banyak tentang program baru ini dan bagaimana hal tersebut dapat memberikan manfaat bagi perkembangan akademik anak-anak mereka.

Sosialisasi ini juga mencakup sesi tanya jawab, para orang tua dapat menyampaikan pertanyaan dan masukan bagi perkembangan pendidikan di Madtsamuda. (iwan abdul gani)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini