UM Surabaya

Muhammadiyah tentu harus melakukan langkah yang berkemajuan untuk kemaslahatan umat dalam urusan SDA ini selain juga mengurus SDM dalam pendidikan, kesehatan dan dakwah kemanusiaan.

Muhammadiyah dikenal gerakan dakwah yang fokus pada pendidikan, kesehatan dan dakwah kemanusiaan, hal ini dibuktikan dengan adanya amal usaha Muhammadiyahnya dari PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA, pesantren, kampus, klinik, rumah sakit, panti asuhan dan beberapa koperasi atau minimarket.

Tingkatan AUM tersebut baik dari kelas bawah, menengah dan atas pun sudah ada berdiri yang memberikan manfaat.

Beberapa AUM memang masih kesulitan dalam kemajuan, termasuk kesejahteraan yang berada di dalamnya apalagi yang telah menjadi loyal, tetap, setia di AUM.

Sebab, ada juga yang menjadikan AUM hanya sebatas batu loncatan dalam mencari pengalaman dan mengisi waktu luang yang menganggur sembari mengikuti peluang berbagai seleksi profesi yang lebih menjanjikan di pemerintahan, perusahaan dan institusi lainnya.

Menjadi menarik jika Muhammadiyah kini menambahkan jenis AUM-nya yang dapat dilakukan langsung oleh pimpinan pusat untuk dapat mewujudkan pembaharuan Islam di era kontemporer.

Salah satunya ialah amal usaha Muhammadiyah tambang yang selama ini bidang garapan ini dianggap sabar kotor, sarat korupsi, merusak lingkungan amdal, terlalu eksploitasi dan sebagainya. Padahal, bila dimulai tentu akan membuat blueprint pengelolaan tambang yang baik dan benar menurut ajaran Islam.

AUM Tambang solusi tepat meminimalisasi keuntungan asing dan segelintir elite personal yang merusak hasil sumber daya alam Indonesia, dikarenakan upaya pertambangan sarat pada permainan kepentingan yang buruk.

AUM Tambang merupakan bentuk usaha yang legal, sebab dalam hal ini negara melalui pemerintahan yang konstitusional telah memberikan kesempatan kepada organisasi keagamaan dalam mengelola tambang.

AUM Tambang sebuah harapan pelita dan pencerahan agama di bidang yang dianggap sangat sensitif, padahal persiapan tambang ini bisa menyatu dengan persoalan lingkungan ekologis bila dikelola oleh tangan yang tepat berlandaskan pada spiritual dan bukan hanya material semata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini