Air, Sumber Kehidupan untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan
foto: getty images
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“1 glass of water when you feel tired, helps the brain and nervous system work well”

(1 gelas air putih ketika merasa lelah, membantu otak dan sistem syaraf bekerja dengan baik)

Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia. Air memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti dehidrasi, masalah pencernaan, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah SWT:

إِذْ يُغَشِّيكُمُ ٱلنُّعَاسَ أَمَنَةً مِّنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً لِّيُطَهِّرَكُم بِهِۦ وَيُذْهِبَ عَنكُمْ رِجْزَ ٱلشَّيْطَٰنِ وَلِيَرْبِطَ عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ ٱلْأَقْدَامَ

“(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu).” (QS. Al-Anfal:11)

Para ulama dan ilmuwan juga mengakui pentingnya air untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Seperti yang disampaikan oleh Ibnu Qudamah dalam Kitab Al-Mughni yang menyatakan bahwa air membersihkan kotoran dalam perut, membuat rongga dada lebih lembut, menenangkan hati, melemaskan sistem saraf, melembabkan kulit, dan memuaskan dahaga.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan bahwa kita mengonsumsi cukup air setiap hari untuk menjaga kesehatan kita.

Bahkan kedokteran modern pun mengakui pentingnya air untuk menjaga kesehatan. Air membantu melarutkan nutrisi untuk diserap oleh organ tubuh, membantu mengeluarkan racun melalui urin dan keringat, serta membantu menjaga suhu tubuh.

Dapat disimpulkan bahwa air memang sangat penting bagi kehidupan kita. Dari dalil di atas dan pendapat ulama, hingga ilmu kedokteran, semuanya mengakui pentingnya air dalam menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Oleh karena itu, jangan pernah lupakan untuk minum air yang cukup setiap hari.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini