Menjadikan Kehidupan sebagai Tambahan Kebaikan
Ilustrasi kerja keras sebagai nilai kebaikan.
UM Surabaya

*)Oleh: Dr. Ajang Kusmana

Judul tersebut saya ambil dari pernyataan tentang doa kebaikan yang biasa dipanjatkan oleh Nabi saw sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِى دِينِىَ الَّذِى هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِى وَأَصْلِحْ لِى دُنْيَاىَ الَّتِى فِيهَا مَعَاشِى وَأَصْلِحْ لِى آخِرَتِى الَّتِى فِيهَا مَعَادِى وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِى فِى كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِى مِنْ كُلِّ شَرٍّ

“Ya Allah, perbaikilah untukku agamaku yang merupakan pelindung segala urusanku. Perbaikilah urusan duniaku yang merupakan tempat aku mencari kehidupan. Perbaikilah urusan akhiratku yang merupakan tempat aku kembali. Jadikanlah kehidupanku ini sebagai tambahan segala kebaikan bagiku dan jadikanlah kematianku sebagai istirahat bagiku dari segala keburukan.” (HR. Muslim)

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ، أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ، أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ، أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ، أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu agar aku tidak sesat atau disesatkan syaitan atau orang yang berwatak syaitan, agar tidak berbuat kesalahan atau disalahi, agar tidak menganiaya atau dianiaya orang, dan agar tidak berbuat bodoh atau dibodohi.” (HR. Abu Daud No. 5094, HR. Tirmidzi No. 3427, HR. An Nasai No. 5501, dan HR. Ibnu Majah No. 3884. Lihat Shahih Tirmidzi 3/152 dan Shahih Ibnu Majah 2/336)

Doa tersebut perlu di dipanjatkan secara rutin bakda sholat fardhu untuk mengeliminir peran syaitan untuk membawa masuk ke dalam neraka sebanyak mungkin bani Adam.

Syaitan akan berusaha menggoda manusia agar masuk ke dalam neraka bersamanya. Syaitan membuat segala bentuk dosa menjadi indah di mata manusia. Ia akan menjadikan manusia cinta terhadap dunia hingga melalaikannya dari akhirat. Tentunya bagi sebagian orang yang mempunyai iman yang lemah akan mudah untuk terpedaya dengan segala bujuk rayuan syaitan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

“Aku tinggalkan kepada kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selamanya selama kamu berpegang dengan kedua-duanya, yaitu kitab Allah (Al Qur’an) dan Sunahku.” (HR. Al-Hakim)

Maka dari itu sebagai seorang Mukmin, sudah seharusnya kita menjaga diri kita dari godaan-godaan syaitan yang terkutuk. Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

‏والذنوب للقلب بمنزلة السموم، إن لم تهلكه أضعفته ولا بُدَّ، وإذا ضعفت قوته لم يقدر على مقاومة الأمراض. قال طبيب القلوب عبدالله بن المبارك :
رأيت الذنوب تميت القلوب .. وقد يورث الذل إدمانها
وترك الذنوب حياة القلوب .. وخير لنفسك عصيانها.

“Kedudukan dosa bagi hati bagaikan racun. Jika racun itu tidak membinasakannya, maka mesti ia akan melemahkannya.

Jika kekuatan hati telah lemah, maka ia tidak akan mampu menahan serangan berbagai penyakit.”

Abdullah bin Mubarak berkata,

“Aku menyaksikan dosa-dosa telah mematikan hati dan kecanduan dosa akan mewariskan kehinaan.

Meninggalkan dosa-dosa akan memberikan kehidupan bagi hati dan yang terbaik bagi diri adalah berupaya untuk menghindarinya.” (Zadul Ma’ad 4/186)

متى رزق العبد انقيادا للحق وثباتا عليه فليبشر، فقد بشر بكل خير، وذلك فضل الله يؤتيه من يشاء.

“Kapan saja seorang hamba dikaruniai sikap tunduk kepada kebenaran dan kekokohan di atasnya, maka hendaklah dia bergembira, karena sesungguhnya dia telah diberi kabar gembira akan mendapatkan semua kebaikan, dan itu adalah keutamaan dari Allah yang Dia berikan kepada siapa yang Dia kehendaki.” (Thariq Al Hijratain 2/347)

Allah Azza wa Jalla berfirman,

إِنَّهُۥ لَيْسَ لَهُۥ سُلْطَٰنٌ عَلَى ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

إِنَّمَا سُلْطَٰنُهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُۥ وَٱلَّذِينَ هُم بِهِۦ مُشْرِكُونَ

“Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaan atas orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaan syaitan itu hanya atas orang-orang yang mengangkatnya sebagai pemimpin dan orang-orang yang suka menyekutukan dengan Allah.” (QS. An-Nahl: 99-100). (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini