KKN-Terpadu UMSIDA 2024 di Ranting Muhammadiyah Kedurus Tulangan, Kolaborasi Pembuatan KTAM dan KTA
KKN-Terpadu UMSIDA 2024 di Ranting Muhammadiyah Kedurus Tulangan, Kolaborasi Pembuatan KTAM dan KTA.
UM Surabaya

Oleh: Muhammad Iqbal Rusdi
Ketua KKN-T UMSIDA KELOMPOK 05 KEDURUS TULANGAN

Membangun Kolaborasi dengan masyarakat untuk desa dan ranting berkemajuan bersama mahasiswa KKN-Terpadu UMSIDA 2024 di Ranting Muhammadiyah Kedurus Tulangan melalui pembuatan Kartu Anggota Muhammadiyah (KTAM) dan Kartu Tanda Anggota ‘Aisyiyah (KTA)

Pimpinan Ranting Kedurus Agus Kholil mengungkapkan, sejak awal Muhammadiyah memiliki sistem keanggotaan yang tertib dan sistematis.

“Pembuatan KTM/KTA bukan hanya sekedar bentuk implementasi aktivitas administrasi, tetapi menjadi salah satu bentuk implementasi aktivitas pembinaan ideologi,” tegasnya.

KKN-Terpadu UMSIDA 2024 di Ranting Muhammadiyah Kedurus Tulangan, Kolaborasi Pembuatan KTAM dan KTA
KKN-Terpadu UMSIDA 2024 di Ranting Muhammadiyah Kedurus Tulangan, Kolaborasi Pembuatan KTAM dan KTA

Dalam proses pembuatan KTAM/KTA idealnya dikoordinasi oleh PCM atau PCA dengan memberikan pemahaman dan pengenalan tentang Muhammadiyah dan Aisyiyah kepada calon anggota.

“Proses kaderisasi mulai dari remaja Muhammadiyah yang kelak menjadi generasi emas Muhammadiyah atau Nasiatul ‘Aisyiyah yang kelak menjadi generasi penerus ‘Aisyiyah senantiasa dibangun dan dibina oleh Ranting Kedurus. Guna meneruskan tongkat estafet generasi sebelumnya,” imbuh Umi Sa’diyah sebagai Pimpinan Ranting ‘Asyiyah (PRA) Kedurus.

Pengurusan KTAM/KTA, lanjut Umi Sa’adiyah, selain sebagai bentuk pembinaan ideologi bagi kader, tetapi memang sudah menjadi salah satu proker Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Kedurus.

“Kalau bisa harapan pengurus program kerja ini dapat terealisasi dengan bantuan teman-teman KKN-T UMSIDA tahun 2024 ini, Dan insyaallah kami siap membantu dan saling bersinergi,” imbuhnya.

Hal itu membuat Tim KKN_05 tahun 2024 ini berinisiatif membantu keinginan PRM dan PRA Kedurus dengan membuat program kerja pembuatan KTAM dan KTA bagi anggota yang belum memiliki kartu tersebut. Tim KKN_05 berkoordinasi dengan PRA Kedurus setelah program kerja disetujui oleh dosen pembimbing lapangan, Budwi Harsono, A.md, ST, M dengan memberikan fasilitas pengisian formulir pendaftaran, foto gratis dan membantu proses pengurusan KTAM/KTA warga Kedurus.

Pada tanggal 26 Juli 2024, ba’da Maghrib saat pengajian rutin, PRA mensosialisasikan kepada warga kapan pelaksanaan proses pembuatan KTAM/KTA. Proses pengisian dan pemotretan dilakukan pada Minggu, 28 Juli 2024. Antusias warga cukup banyak, tercatat ada 50 orang mengurus KTAM dan 50 orang mengurus KTA.

Diharap dengan suksesnya program kerja ini bukan hanya menjadi bukti kerja nyata baik Tim KKN-T 05 UMSIDA Tahun 2024 dan sinergisitas Pimpinan Ranting Muhammadiyah/Aisyiyah, melainkan mengimplementasikan nilai Fastabiqul Khoirat seperti nama posko yang Tim KKN-T tempati. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini