Dua Kunci untuk Mencapai Kemuliaan Hidup
foto: istock by getty images
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Yaa Allah, aku mohon kepada-Mu penyebab turunnya rahmat-Mu, dan kepastian mendapatkan ampunan-Mu, dan keselamatan dari segala dosa, dan keberuntungan mendapat segala dari segala kebaikan, dan keberhasilan mendapatkan surga, dan aku memohon keselamatan dari api Neraka. Aamiin.

Manusia bisa mencapai kemuliaan melalui dua aspek utama:

Adab (Etika):

Ini mencakup sikap dan perilaku baik terhadap sesama, seperti sopan santun, kejujuran, dan tanggung jawab. Adab mencerminkan karakter seseorang dan mempengaruhi hubungan sosialnya.

Ilmu (Pengetahuan dan agama) :

Ilmu merupakan pengetahuan dan agama yang diperoleh melalui belajar dan pengalaman. Ini memungkinkan seseorang untuk berpikir kritis, membuat keputusan yang bijaksana, dan memberi kontribusi positif kepada masyarakat.

Kombinasi adab yang baik dan ilmu yang luas membentuk karakter yang mulia dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur.

“Yang kita dapatkan adalah apa yang kita perbuat. Mau jadi orang baik atau jahat nantinya bakal mendapatkan balasan serupa di dunia bahkan akhirat.”

Saudaraku, tak ada kata rugi berbuat kebaikan, maka tetap lakukan dan jangan sampai terlewat

Dan manusia yang terbaik, termulia di sisi Allah adalah manusia yang paling tunduk kepada Allah, paling baik ibadahnya, atau takwanya.

Semakin baik takwanya, maka dia akan semakin baik nilainya, posisinya di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Setiap manusia pasti akan mati. Tiada yang bisa memajukan atau memundurkan jadwal kematian yang sudah ditentukan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Allah SWT berfirman:

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat pula memajukannya.”
(QS al-A’raf: 34).

Insya Allah bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini