Menghidupkan Kembali Ghirah Pengajian Muhammadiyah di Jatiroto Lumajang
Pengajuan ruin di Masjid Shalahuddin Jatiroto.
UM Surabaya

Masjid Shalahuddin Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto Lumajang kembali menjadi pusat kegiatan kajian keagamaan dengan dimulainya pengajian rutin bulanan yang bertujuan menghidupkan kembali semangat Muhammadiyah di wilayah tersebut.

Menariknya kegiatan ini merupakan inisiatif dari beberapa anggota Pemuda Muhammadiyah yang tidak aktif di AUM dan kini bekerjasama dengan Takmir Masjid Shalahuddin yang dapat menjadi motivasi bagi yang berkegiatan didalam AUM.

Pengajian yang diadakan pada tanggal 6 Agustus 2024 ini mengangkat tema “Adab” dan disampaikan oleh Ust. Suwandi, Ketua LDK PDM Jember. Pengajian ini rencananya akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan.

Semua berharap kegiatan ini mencetak anak-anak muda menjadi lebih beradab karena anak muda dari segi pengetahuan dan pengalaman terkadang bersikap kurang sempurna dalam hal adab. Di sisi lain kegiatan ini untuk menarik minat jamaah untuk berangkat ke masjid dan meningkatkan keterlibatan dalam kegiatan kajian keagamaan.

Ketua Takmir Masjid Shalahuddin, H. Munoto, menyambut baik inisiatif sinergitas antara Pemuda Muhammadiyah dan Takmir Masjid. Ia berharap ke depan semakin banyak jamaah yang terpanggil untuk mengikuti pengajian dan ibadah di masjid ini, serta mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

“Menghidupkan Muhammadiyah merupakan tanggung jawab moral, bukan hanya menjabat lalu diam. Terlebih kegiatan ini penting untuk memperdalam khazanah ilmu agama kita, yang pada akhirnya diharapkan dapat menyelamatkan kita dari hal-hal negatif diduniawi,” ujar seorang anggota Pimpinan PCPM Jatiroto menambahkan.

Dalam kesempatan ini, seorang anggota Pemuda Muhammadiyah juga menyampaikan harapannya agar seluruh Pimpinan AUM di wilayah PCM Jatiroto, mulai dari kepala sekolah hingga wakil kepala sekolah, dapat merasakan nikmat dan hidayah untuk aktif mengikuti kajian Islam, khususnya yang diselenggarakan AUM Peribadatan salah satunya Masjid Shalahuddin.

Dengan adanya pengajian ini, diharapkan semangat Muhammadiyah di Jatiroto semakin membara, dan lebih banyak umat yang dapat terlibat aktif dalam kegiatan keagamaan serta memperoleh manfaat dari ilmu yang disampaikan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini