Praha, Keindahan Jantung Eropa, dan Kehidupan Islam
Penulis dan Jam astronomi di Old Town, pusat kota Praha, Republik Ceko. foto: dok/pri
UM Surabaya

*) Oleh: Achmad Hidayatullah,
Dosen UM Surabaya, Mahasiswa Doktoral University of Szeged

Kalau boleh dibilang Praha, Ibu Kota Republik Ceko, merupakan salah satu kota cantik di Eropa yang punya banyak warisan budaya masa lalu.

Banyak bangunan era kerajaan abad pertengahan yang masih terawat dengan baik. Dengan model arsitektur khas bangsa Eropa, maka Kota Praha menjadi salah satu destinasi favorit para pelancong dari berbagai negara.

Karena keindahannya pula, tempat ini seringkali menjadi pilihan para produser untuk menjadi tempat syuting film. Misalkan film internasional seperti Mission Impossible yang dibintangi Tom Cruise, film James Bond, hingga Spiderman.

Film asal Indonesia, seperti Surat dari Praha yang dibintangi Julia Estelle dan Tio Pakusadewo, juga menggunakan Praha sebagai latar film mereka.

Pada musim ini, saya kembali melakukan perjalanan ke kota Praha. Ini merupakan perjalanan saya kali kedua ke Kota Praha di Repubik Ceko.

Pada perhelatan Euro 2004 lalu, saya sempat menyukai tim sepakbola negara tersebut, karena tim negara ini sangat kuat, meskipun gagal juara. Kali ini saya benar-benar sampai ke negara tersebut.

Baca juga: Weigh House Nijmegen hingga Masjid di Travnik Bosnia

Saya akan menjelaskan dua hal dalam tulisan singkat ini berdasarkan pengalaman saya mengenai pusat destinasi. Selain itu, saya akan menjelaskan tantangan pemeluk agama Islam di negara ini.

Untuk menjelaskan hal tersebut, saya mengambil beberapa sumber ilmiah berupa jurnal dan buku untuk memberi keterangan valid, selain mengamati sendiri seperti mengunjungi masjid dan melihat beberapa orang Islam ada di Kota Praha.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini