Jajaki Kerjasama, Konsulat Kehormatan Italia Kunjungi UMM
Jacopo Cappucio Italia (kanan) berkunjung ke UMM. foto: faqih humas
UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima kunjungan Konsulat Kehormatan Republik Indonesia (Konhor RI) Florence, Italia Jacopo Cappucio Italia.

Pertemuan itu berlangsung di gedung rektorat UMM, Senin (5/8/2024) lalu. Dalam pertemuan tersebut, mengulik banyak sekali sektor yang sangat potensial untuk dikerjasamakan antar UMM dengan Italia, khususnya dengan universitas yang ada di Florence, Italia.

Jacopo Cappucio mengaku sangat terkesan dengan kampus putih yang mampu memanfaatkan segala potensi yang ada. Mulai dari pemanfaatan sumber daya alam (SDA) hingga sumber daya manusia (SDM) untuk kebaikan sekitar. Seperti adanya Profesor Penggerak Pembangunan Masyarakat (P3M), pemanfaatan aliran air menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dan lain sebagainya.

“Kerjasama dengan UMM itu sangat potensial, mulai dari riset hingga implementasi produk riset itu sangatlah luas, kita tahu bersama UMM punya banyak sekali profesor yang ahli di bidangnya. Lalu kerjasama untuk transfer ilmu dengan cara pertukaran mahasiswa itu juga bisa,” imbuhnya.

Selain itu, Jacop juga berharap hubungan antara UMM dengan Konhor RI Florence selalu terjalin dengan hangat. Mengingat bahwa UMM saat ini sudah sangat dipandang di mata internasional.

Pertemuan ini sangat membuka peluang kampus putih dalam memperluas kerjasama terkhusus dengan Universitas yang ada di Florence, Italia.

Dr. (H.C.) Priyo Iswanto, Staf Khusus Rektor Bidang Kerjasama Internasional, mengatakan, bahwa saat ini kampus putih sudah memiliki ratusan kerjasama dengan berbagai Universitas di Luar Negeri.

Dia mengaku bahwa UMM tentu tidak akan bosan-bosan dalam memperluas jaringan kerjasama untuk kepentingan internasionalisasi.

“Kalau kerja sama pasti kita percaya diri ya untuk menerima berbagai bentuk kerjasama terlebih lagi dengan universitas di luar negeri. Kedepan dari kerjasama ini dengan Konhor RI di Florence, kita akan kirimkan mahasiswa untuk program pertukaran ke University of Florence,” imbuhnya

Tidak hanya itu, Priyo sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa produk SDM di UMM juga banyak dilirik dimata internasional. Dia menjelaskan dalam waktu dekat akan mengirimkan kurang lebih 5 perawat dari Rumah Sakit Umum (RSU) UMM ke Itaila untuk transfer knowledge.

Dia juga berharap, ke depan UMM akan semakin luas dikenal oleh Dunia di banyak sektor. (faq/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini