Siapkan Siswa Hadapi Tantangan Akademik, Madtsamuda Paciran Gelar Matrikulasi
Para siswa antusias mengikuti kegiatan matrikulasi sebagai bekal menghadapi tantangan akademik.
UM Surabaya

Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Pondok Pesantren Karangasem, Paciran, Lamongan, menggelar kegiatan matrikulasi yang berlangsung selama lima hari, dari tanggal 3 hingga 7 Agustus 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 dari Information Technology Class Program (ITCP) putra dan putri serta International Class Program (ICP) putra dan putri.

Matrikulasi ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik baru dalam menghadapi kurikulum dan lingkungan belajar yang baru, serta memberikan pemahaman awal mengenai program-program unggulan yang ada di Madtsamuda.

Kepala Madtsamuda, Millazul Faida menjelaskan, kegiatan matrikulasi ini penting untuk membantu siswa beradaptasi dengan cepat.

“Sebagai bekal bagi peserta didik baru dalam penggunaan laptop dan pengenalan e-learning yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran,” ujarnya.

“Kegiatan ini dirancang untuk memberikan bekal awal bagi siswa baru, terutama dalam memahami kurikulum dan metode belajar di ITCP dan ICP. Kami ingin memastikan mereka siap untuk menghadapi tantangan akademik di Madtsamuda,” imbuhnya.

Ia berharap dari terselenggaranya kegiatan tersebut, peserta didik  memiliki pemahaman dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk menggunakan perangkat secara efektif serta bijak berdigital

“Harapannya, matrikulasi ini bisa membantu memastikan bahwa semua pengguna berada pada tingkat pengetahuan yang sama sebelum melanjutkan ke penggunaan perangkat untuk tugas-tugas yang lebih kompleks,” harapnya.

Selama lima hari, para siswa terlibat dalam berbagai kegiatan pembelajaran yang meliputi pengenalan tools yang ada pada laptop, kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, serta berbagai aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama.

Selain itu, siswa juga diberikan materi tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, yang merupakan salah satu fokus utama dari ITCP dan ICP.

Para siswa-siswi tampak antusiasmenya dalam mengikuti matrikulasi ini. Banyak hal baru yang dapat mereka pelajari, terutama tentang teknologi.

Orang tua siswa juga menyambut baik kegiatan matrikulasi ini. Mereka mengapresiasi upaya Madtsamuda dalam mempersiapkan siswa baru dengan baik.

“Kegiatan ini sangat membantu anak-anak kami untuk siap memasuki tahun ajaran baru. Kami merasa lebih tenang karena anak-anak kami mendapatkan pembekalan yang memadai,” ujar Siti, Maghfiroh, orang tua dari siswa bernama Wafie.

Dengan adanya kegiatan matrikulasi ini, Madtsamuda berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik bagi siswa-siswa, dan kegiatan ini adalah langkah awal yang penting dalam perjalanan peserta didik di Madtsamuda. (iwan abdul gani)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini