Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News
UM Surabaya

*)Oleh: As’ad Bukhari, S.Sos., MA
Analis Intelektual Muhammadiyah Islam Berkemajuan

Ada beberapa pihak, kelompok maupun barisan yang selalu mencari masalah dan keributan dengan Muhammadiyah baik dalam aspek paham keagamaan, pandangan politik, amal usaha, kekuatan organisasi, nilai aset dan juga segala aktivitas Muhammadiyah.

Muhammadiyah itu terlepas jika masih memiliki kekurangan, secara garis besar organisasi ini sangat kuat mengakar dan juga sangat tinggi menjulang yang telah biasa serta mahir dalam menghadapi angin yang menggonyang serta berbagai kendala apa pun.

Persyarikatan Muhammadiyah itu bergerak untuk menolong seluruh umat manusia khsusnya kaum muslimin yang menjadi segmen dakwah Muhammadiyah.

Siapa sangka bila Muhammadiyah hari ini banyak ragam penilaian oleh para ahli sampai para masyarakat akar rumput yang memiliki nilai aset besar dan bahkan ada yang menilai sebagai negara Muhammadiyah dikarenakan pola organisasinya mirip sebuah negara maju dan modern.

Hal tersebut merupakan sebuah kehormatan dan juga sebuah apresiasi luas terhadap gerakan dakwah Islam yang dilakukan oleh Muhammadiyah.

Disadari atau tidak, ada beberapa pihak yang jika diperhatikan selalu merasa tidak senang, memandang sebelah mata, mengucilkan perannya, bahkan sampai mencoba melawan atau intervensi kekuatan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam di Indonesia ini.

Hal itu kemungkinan adanya rasa kebencian, kedengkian dan juga kesyirikan yang luar biasa besarnya ketika melihat Muhammadiyah sebagai Persyarikatan yang mandiri, egaliter, inklusif dan juga berdikari.

Barisan yang selalu menganggap remeh peran Muhammadiyah dalam membangun negeri, mencerahkan umat, membesarkan bangsa dan juga memajukan negara pada dasarnya adalah kelompok yang iri lagi tak mampu serta mencari masalah demi kepentingan barisannya yang sangat politis lagi oportunis.

Hal yang kadang membuat sebagian warga Muhammadiyah tahu dan paham sampai-sampai tersenyum dan geleng-geleng kepala melihat pola tingkah lakunya.

Begitulah jika ada sebuah perkumpulan lain yang hanya memikirkan kepentingan sehingga hanya mampu memiliki rasa kebencian dan perlawanan terjadi ormas islam bernama Muhammadiyah ini.

Di sisi lain sedih juga melihatnya, akan tetapi harus ada ketegasan juga jika sudah ada pihak yang mencoba mengganggu untuk melakukan perlawanan terhadap gerak dakwah Muhammadiyah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini