UM Surabaya

Selain itu, mereka menemukan konsep Fraud Diamond, yang menambahkan elemen kemampuan ke dalam segitiga fraud. Fraud Diamond memperkenalkan elemen keempat, yaitu kemampuan (capability), ke dalam teori fraud.

Kemampuan ini mencakup pengetahuan, posisi, kepercayaan diri, dan kecerdasan yang dimiliki oleh Fraudster untuk melaksanakan fraud.

Fraudster dengan kemampuan yang tinggi dapat melihat peluang, memanipulasi situasi, dan memanfaatkan kelemahan sistem untuk keuntungan mereka.

Victor, sebagai pemimpin jaringan fraud, memiliki semua elemen ini, yang membuatnya sangat berbahaya dan sulit ditangkap.

Antagonis dan Sarah juga menemukan berbagai teori fraud lainnya yang digunakan Victor, seperti Tip of the Iceberg Theory, yang menyatakan bahwa apa yang terlihat hanya sebagian kecil dari fraud yang sebenarnya, dan Potato Chip Theory, yang menunjukkan bahwa sekali fraud dimulai, sulit untuk berhenti.

Mereka juga mempelajari Rotten Apple Theory, yang menunjukkan bagaimana satu Fraudster bisa merusak seluruh organisasi, serta Low-Hanging Fruit Theory, yang menggambarkan Fraudster yang menargetkan korban yang mudah.

Yang paling penting, Victor memahami Addition by Subtraction Theory, di mana menghilangkan elemen yang korup bisa memperbaiki organisasi, dan dia tahu bahwa masyarakat sering lupa akan fraud, yang disebut Short Memory Syndrome.

Dengan pengetahuan ini, Antagonis dan Sarah menyadari bahwa mereka menghadapi Fraudster yang sangat cerdas dan terorganisir, yang menggunakan berbagai teori untuk menjalankan operasinya.

Antagonis dan Sarah menyamar sebagai calon investor dan memasang jebakan untuk Ricky, mengatur pertemuan di sebuah kafe. Alex, teman mereka dari kejaksaan, bergabung untuk memastikan semua berjalan sesuai hukum.

Saat pertemuan berlangsung, Ricky mulai bercerita tentang neneknya lagi, tetapi kali ini, Antagonis mengungkap identitas aslinya dan menangkap Ricky atas tuduhan fraud.

Alex memastikan bahwa Ricky ditangkap dengan prosedur yang benar dan membawanya ke kantor polisi.

Di ruang sidang, banyak korban hadir untuk memberikan kesaksian tentang bagaimana mereka ditipu oleh Ricky. Nenek Susan dengan suara gemetar menceritakan bagaimana Ricky memanfaatkan kepercayaannya untuk keuntungan pribadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini