PDM Lumajang Miliki Kantor LBH AP: Langkah Strategis Dalam Dakwah Bidang Hukum
Ketua LBH AP PD Muhammadiyah Lumajang H Widyo.
UM Surabaya

Lembaga Bantuan Hukum Advokasi Publik (LBH AP) PD Muhammadiyah Lumajang meresmikan kantor barunya yang berlokasi di ruko milik Ketua LBH AP PD Muhammadiyah Lumajang, H. Widyo, Senin (12/8/2024).

Pendirian kantor ini merupakan wujud nyata komitmen H. Widyo dalam mendukung optimalisasi kinerja LBH AP dalam dakwah bidang hukum. Ia dengan penuh keikhlasan merelakan rukonya untuk dijadikan kantor LBH AP selama satu periode ke depan.

Acara peresmian ini dihadiri oleh para pengurus Majelis Hukum dan HAM PD Muhammadiyah Lumajang, anggota LBH AP PD Muhammadiyah Lumajang, serta beberapa advokat yang tergabung dalam Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Lumajang.

PDM Lumajang Miliki Kantor LBH AP: Langkah Strategis Dalam Dakwah Bidang Hukum
Kantor baru LBH AP PD Muhammadiyah Lumajang.

Wakil Ketua Bidang Hukum, HAM, dan Kebijakan Publik PD Muhammadiyah Lumajang, Junaedi, SH  memberikan apresiasi tinggi dan ungkapan terima kasih kepada H. Widyo atas kerelaannya menyediakan fasilitas kantor ini.

“Dengan adanya kantor baru ini, kami berharap dakwah di bidang hukum akan semakin efektif dan optimal,” ujar Junaedi.

Dalam sambutannya, H. Widyo menyampaikan rencana program kerja ke depan. Dari segi internal Muhammadiyah, LBH AP akan melakukan sosialisasi kepada PCM Se-Kabupaten Lumajang terkait aspek hukum aset-aset Muhammadiyah dan Pelatihan Paralegal bagi Anggota PCM dan/atau Ortom Se-Kabupaten Lumajang.

Program terkait sosialisasi perlindungan hukum aset-aset muhammadiyah akan dilakukan dengan bekerjasama dengan Majelis Waqaf dan Kemasjidan PD Muhammadiyah Lumajang.

“Kami ingin memberikan pengetahuan dibidang hukum agar seluruh aset Muhammadiyah dikelola dengan baik dan sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan aturan-aturan beserta qoidah persyarikatan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Non-Litigasi LBH AP, M. Wachid, menambahkan, pihaknya juga merencanakan program kerja penyuluhan budaya anti-bullying dan anti-korupsi di seluruh Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di wilayah Lumajang.

“Ini adalah bagian dari tanggung jawab kami untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat, terutama dalam lingkungan persyarikatan,” kata Wachid.

Secara eksternal, H. Widyo menegaskan bahwa LBH AP PD Muhammadiyah juga terbuka untuk seluruh masyarakat Lumajang yang membutuhkan layanan hukum.

“Kami juga akan berkolaborasi dengan Majelis Tabligh dan lembaga Dakwah Komunitas serta Lazismu untuk memberikan pencerahan dakwah bidang hukum di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lumajang,” tutupnya.

Peresmian kantor baru ini menandai langkah strategis LBH AP PD Muhammadiyah Lumajang dalam memperkuat dakwah di bidang hukum, baik di internal persyarikatan maupun untuk masyarakat luas.

Diharapkan, keberadaan kantor ini dapat menjadi pusat pelayanan hukum yang andal dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Lumajang. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini