Kokohnya Tauhid dan Hidup Berkecukupan
Slamet Muliono Redjosari
UM Surabaya

*) Oleh: Dr. Slamet Muliono Redjosari

Kekokohan tauhid akan membuka pintu-pintu rahmat termasuk rezeki bagi hamba-hamba-Nya. Allah pun akan menjamin dan mempermudah urusan siapa pun yang menyandarkan diri secara total pada-Nya.

Al-Qur’an telah memberi contoh bahwa sekelompok pemuda yang berpegang teguh pada tauhid, dan meninggalkan kemilau dunia, sehingga Allah pun memberi petunjuk dan melindunginya dari pembunuhan penguasa yang zalim.

Dengan hidup bertauhid, mereka pun hidup berkah dan berkecukupan. Sebaliknya, Al-Qur’an juga menarasikan bahwa komunitas yang mempersekutukan-Nya, hidupnya terombang-ambing serta tertimpa bencana dan musibah yang sangat tragis.

Naluri Bertauhid

Sejarah mencatat bahwa hamba yang hidupnya menyandarkan diri pada Allah secara total, maka hidupnya akan berkah dan berkecukupan.

Al-Qur’an telah menarasikan sekelompok pemuda yang tinggal di lingkungan yang mewah memutuskan untuk meninggalkan gemerlap dunia.

Mereka melihat masyarakatnya melakukan ritual penyembahan berhala, dan batinnya merasa bahwa hal itu sangat meresahkannya.

Mereka lebih tergiur dengan tauhid, meski mendapatkan ancaman fisik dan pembunuhan. Petunjuk Allah telah menusuk jantung hati mereka.

Mereka pun berdiri tegak di atas nilai-nilai tauhid. Maka Allah memberi petunjuk dan mempermudah urusannya. Hal ini dinarasikan dengan baik dalam Al-Qur’an sebagaimana firman-Nya:

وَإِذِ ٱعۡتَزَلۡتُمُوهُمۡ وَمَا يَعۡبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ فَأۡوُۥٓاْ إِلَى ٱلۡكَهۡفِ يَنشُرۡ لَكُمۡ رَبُّكُم مِّن رَّحۡمَتِهِۦ وَيُهَيِّئۡ لَكُم مِّنۡ أَمۡرِكُم مِّرۡفَقٗا

“Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu niscaya Tuhan-mu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu.” (QS. Al-Kahfi :16)

Langkah yang dilakukan para pemuda dengan memasuki gua merupakan upaya untuk berlindung dari ancaman penguasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini